Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Menko Airlangga: Pemerintah Ambil Langkah Cepat Penuhi Kebutuhan Warga Terdampak Gempa Sulbar

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Jumat, 15 Januari 2021, 17:26 WIB
Menko Airlangga: Pemerintah Ambil Langkah Cepat Penuhi Kebutuhan Warga Terdampak Gempa Sulbar
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI Airlangga Hartarto/Net
rmol news logo Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI Airlangga Hartarto menyampaikan rasa duka atas musibah gempa bumi yang melanda Kabupaten Mamuju dan Kota Majene, Sulawesi Barat.

Gempa dengan kekuatan 6,2 magnitudo mengguncang Sulbar pada Jumat dinihari (15/1).

Airlangga mengimbau seluruh pihak, baik pemerintah pusat, daerah, maupun masyarakat bersatu untuk mengatasi dampak musibah ini. Terlebih, Indonesia masih dilanda pandemi Covid-19 yang berdampak pada hampir semua sektor.

"Dengan bersatu, bersama mengatasi dampak gempa, diharapkan pembangunan dan perekonomian di Sulbar segera bangkit," ujar Airlangga, Jumat (15/1).

Gempa 6,2 magnitudo merupakan gempa susulan dari gempa yang terjadi, Kamis (14/1). Badan Metorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV Makassar menyebut, terjadi 47 kali gempa sejak Kamis hingga Jumat pagi. Dua diantaranya memunculkan dampak besar.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) merilis, hingga Jumat siang, jumlah korban meninggal sebanyak tiga orang, 24 luka-luka, dan 2 ribu orang terpaksa mengungsi.

Gempa juga menyebabkan jalan Majene-Mamuju terputus akibat longsor di tiga titik.

Airlangga mengatakan, pemerintah akan segera mengambil tindakan untuk pemulihan pasca gempa di Sulbar. Terutama, mengurangi dampak yamg dirasakan langsung masyarakat.

"Saat ini fokusnya adalah evakuasi dan penyelamatan korban yang masih terjebak dalam reruntuhan. Serta menyediakan logistik untuk kebutuhan sehari-hari bagi mereka yang terdampak," tegas Airlangga yang juga Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN). rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA