Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jokowi Kerahkan Seluruh Jajaran Untuk Tangani Gempa Sulbar Dan Longsor Sumedang

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 15 Januari 2021, 15:51 WIB
Jokowi Kerahkan Seluruh Jajaran Untuk Tangani Gempa Sulbar Dan Longsor Sumedang
Presiden Joko Widodo/Net
rmol news logo Presiden Joko Widodo menyampaikan duka cita yang mendalam kepada para korban bencana alam di tanah air, beserta keluarga mereka. Ia juga mengerahkan seluruh jajarannya untuk menangani bencana-bencana tersebut.

Melalui akun Instagram-nya pada Jumat (15/1), Jokowi menyoroti dua bencana alam yang terjadi di tanah air dalam kurun waktu kurang dari sepekan terakhir.

Gempa bumi berkekuatan magnitudo 6,2 mengguncang Kabupaten Majene, Sulawesi Barat (Sulbar) pada Jumat dini hari. Itu terjadi beberapa hari setelah bencana longsor di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat (Jabar) pada Sabtu (9/1).

"Mendengar adanya gempa di Sulbar, saya langsung menghubungi Gubernur Sulawesi Barat melalui sambungan telepon, pagi tadi," ujar Jokowi.

Ia juga mengatakan langsung memerintahkan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BPBD), Menteri Sosial, Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan, Panglima TNI dan Kapolri beserta jajarannya, untuk segera melakukan langkah-langkah tanggap darurat, mencari dan menemukan korban, serta melakukan perawatan kepada yang luka-luka.

"Untuk penanganan longsor di Kabupaten Sumedang, saya juga telah memerintahkan Kepala BNPB, Menteri Sosial, dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk segera melakukan relokasi warga terdampak bencana," sambungnya.

BPBD saat ini menyebut, sedikitnya 34 orang dinyatakan meninggal dunia dalam gempa yang terjadi di Majene. Saat ini proses evakuasi masih terus dilakukan sementara BMKG juga masih memperingatkan akan adanya gempa susulan.

Sementara itu, Kantor SAR Bandung hingga saat ini mencatat sudah ada 24 korban jiwa dalam bencana longsor di Kabupaten Sumedang, sedangkan 16 lainnya masih proses pencarian. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA