Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Mahasiswa Muslim Maluku Yakin Listyo Sigit Bisa Bawa Polri Lebih Promoter

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Kamis, 14 Januari 2021, 22:23 WIB
Mahasiswa Muslim Maluku Yakin Listyo Sigit Bisa Bawa Polri Lebih Promoter
Komjen Listyo Sigit saat memberikan keterangan pers/ist
rmol news logo Ketua Umum DPP AL' MULK (Aliansi Mahasiswa Muslim Maluku) Fauzan Ohorella menyambut baik penunjukan Komjen Listyo Sigit Prabowo sebagai calon Kapolri. Menurut dia, sosok Komjen Listyo merupakan pekerja keras yang rendah hati dan memiliki prinsip yang kuat.

"Komjen Listyo pernah menjadi Ajudan Presiden Jokowi dan Kapolres Surakarta saat Jokowi menjadi Walikotanya. Jadi sinergisitas dan chemistry-nya sudah terbangun lama. Ini penting untuk mewujudkan reformasi sistem penegakan hukum dan menjadikan Polri lebih profesional, modern, terpercaya (Promoter)," ungkap Fauzan dalam keterangan tertulisnya, Kamis (14/1).

Polri, kata Fauzan butuh pemimpin yang memiliki inovasi dan gebrakan untuk mengembalikan kepercayaan publik selama ini soal penegakan hukum masih tebang pilih dan belum terbangunnya budaya transparansi anggaran di internal Polri.

"Anggaran Polri termasuk besar. Sejak Reformasi, ada kenaikan hingga 2000 persen. Seharusnya dengan mendapatkan alokasi anggaran yang besar dalam APBN membuat Polri semakin Promoter dan melayani rakyat dengan sepenuh hati tanpa pungli," paparnya.

Fauzan optimistis, di bawah komando Listyo, Polri bisa berbenah dan semakin dicintai rakyat. Karena telah terbukti rekam jejak dan integritasnya. Hal itu ditunjukan saat Listyo Sigit tidak pandang bulu menegakan hukum saat letting satu angkatan Akpol bermasalah dan terbukti melakukan tindak pidana.

"Listyo dengan tegas menindak temannya sendiri yang terbukti terlibat menerima suap Djoko Tjandra," urainya.

Karena itu, masih kata Fauzan, Polri ke depannya di bawah kepemimpinan Listyo Sigit Prabowo tidak akan terseret dalam kepentingan yang bersifat pragmatis.

"Jika belakangan ini Polri sejak pisah dari ABRI dan langsung bertanggung jawab kepada Presiden   membuat Polri terkesan cenderung tidak bisa menjaga jarak diri dengan kepentingan sarat politik, saya yakin Jenderal Listyo bisa menjaga jarak dengan kepentingan politik apapun," tambahnya.

Selain itu, kata Fauzan, mantan Kapolda Banten tersebut bisa mengembalikan citra Polri di mata publik karena selama ini terjebak dalam kepentingan politik sehingga setiap langkah hukum yang diambil lebih terlihat menonjol dibanding penegakan hukum itu sendiri.

"Kita optimis, calon Kapolri Komjen Listyo jika sudah resmi dilantik menjadi Kapolri bisa membuktikan Polri independen dalam penegakan hukum yang berkeadilan tanpa tebang pilih apalagi terseret kepentingan politik," demikian Fauzan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA