Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Diduga Didiskriminasi Saat Daftar CPNS, Seorang Difabel Gugat Ke PTUN

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Rabu, 13 Januari 2021, 18:50 WIB
Diduga Didiskriminasi Saat Daftar CPNS, Seorang Difabel Gugat Ke PTUN
Difable netra bernama Baihaqi mengajukan gugatan ke PTUN karena diduga didiskriminasi saat penerimaan CPNS/RMOLJateng
rmol news logo Seorang difable netra yang diduga menjadi korban diskriminasi saat penerimaan CPNS oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, Baihaqi melayangkan gugatan ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Semarang.

Kuasa hukum Baihaqi dari LBH Semarang, Naufal Sebastian mengatakan, saat ini gugatan sudah sampai pada agenda keterangan ahli.

"Tadi sidangnya adalah mendengarkan keterangan ahli. Kami mengundang beberapa ahli, namun karena sedang dalam pemberlakuan PKM, maka sebagian hanya diminta pendapat secara tertulis oleh hakim," kata Naufal diberitakan Kantor Berita RMOLJateng, Rabu (13/1).

Dia menjelaskan, Baihaqi merupakan salah satu pendaftar CPNS di Provinsi Jawa Tengah. Ia kemudian didiskualifikasi lantaran kondisinya.

Alih-alih melakukan verifikasi langsung, BKD Provinsi Jawa Tengah justru hanya melakukan video call singkat kepada Baihaqi. Undangan verifikasi berkas juga diterima Baihaqi pada saat dirinya selesai melakoni tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD).

"Namun, pada saat menghadiri verifikasi, Baihaqi bahkan tidak diminta menunjukan berkas-berkas yang telah disiapkan. Baihaqi justru menelan pil pahit dengan kabar bahwa dirinya harus didiskualifikasi karena seorang penyandang disabilitas netra," tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA