Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kapal Baruna Jaya Kerahkan Robot Bawah Laut, Penyelam Pencari CVR Mendarat Di Pulau Tanjung Kait

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Rabu, 13 Januari 2021, 15:08 WIB
Kapal Baruna Jaya Kerahkan Robot Bawah Laut, Penyelam Pencari CVR Mendarat Di Pulau Tanjung Kait
Tim penyelam pencari CVR sedang menuju Pulau Tanjung Kait, Tangerang/RMOL
rmol news logo Seluruh penyelam yang berasal dari tim gabungan mendapat perintah untuk naik ke daratan. Saat ini seluruh tim penyelam mendarat Pulau Tanjung Kait, Tangerang, Banten.

Sebabnya, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) telah mengerahkan Kapal Baruna Jaya.

Kapal Baruna Jaya yang dikerahkan BPPT akan menurunkan ROV/ Remotely operated underwater vehicle atau robot penyelam bawah laut.

Pantauan Kantor Berita Politik RMOL, Rabu (13/1) sore, sekitar 50 penyelam tang terdiri dari Dislambair, Kopaska, Taifib sudah menyelesaikan penyelaman dan mendarat di Pulau Tanjung Kait, Tangerang, Banten.

Tak hanya itu, seluruh pewarta yang meliput proses evakuasi black box yang berisikan cockpit voice recorder/CVR (perekam suara kokpit) saat ini  bersama tim penyelam beristirahat di Pulang Tanjung Kait, Tangerang, Banten.

Sejak pagi tadi tim penyelam dari satuan tugas dari TNI AL yang terdiri dari Batalyon Intai Amfibi (Yon Taifib) I Marinir, Detasemen Jalamangkara, Komando Pasukan Katak (Kopaska), dan Dinas Penyelaman dan Penyelamatan Bawah Air (Dislambair) masih melakukan pencarian satu blackbox lagi berisikan cockpit voice recorder/CVR (perekam suara kokpit).

Diketahui, Baruna Jaya adalah salah satu bekas kapal perang TNI-AL yang saat ini dikelolal oleh BPPT. Baruna Jaya adalah jenis kapal pemetaan/penyelidik yang bertugas untuki pemetaan wilayah-wilayah di Indonesia.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA