Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Black Box SJ-182 Diserahkan Ke KNKT, Pembacaan Data Berlangsung Dua Sampai Lima Hari

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Selasa, 12 Januari 2021, 21:01 WIB
<i>Black Box </i> SJ-182 Diserahkan Ke KNKT, Pembacaan Data Berlangsung Dua Sampai Lima Hari
Ketua KNKT, Soerjanto Tjahjanto/Net
rmol news logo Black Box alias kotak hitam yang berfungsi untuk merekam aktivitas pesawat Sriwijaya Air SJ-182 yang jatuh di Perairan Kepulauan Seribu berhasil ditemukan.

Kotak hitam yang ditemukan tim penyelam dari TNI AL di Perairan Tanjung Kait, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta tersebut langsung diserahkan kepada Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT).

Ketua KNKT, Soerjanto Tjahjono menerangkan, bagian kotak hitam yang ditemukan tim penyelam belum lengkap.

"Hari ini kita bisa temukan flight data recorder (FDR) dan kedua pinger. Tapi memang pembising atau pinger tersebut terlepas dari black box. Tapi alhamdulillah kita bisa menemukan FDR," ujar Soerjanto dalam jumpa pers di Dermaga JICT 2, Tanjung Priok, Selasa (12/1).

Sementara, bagian lain dari kotak hitam yang merekam percakapan pilot dan co-pilot di dalam cokcpit pesawat, yang disebut cockpit voice recorder (CVR) belum ditemukan karena terpisah dari FDR dan pinger.

Kendati begitu, KNKT berharap kepada Basarnas, TNI dan Polri bisa membantu mencarikannya, sembari KNKT mengolah data FDR yang memakan waktu beberapa hari ke depan.

"Mohon doa masyarakat agar pembacaan data FDR yang kami perkiraan makan waktu dua sampai lima hari berjalan lancar dan segera dapat mengungkap misteri yg jadi penyebab kecelakaan ini," demikian Soerjanto Tjahjono. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA