Selamat Idul Fitri
Selamat Idul Fitri Mobile
Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Hasil Kajian FTG Unpad: Struktur Tanah Di Cimanggung Sumedang Rentan Bergeser

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Selasa, 12 Januari 2021, 11:39 WIB
Hasil Kajian FTG Unpad: Struktur Tanah Di Cimanggung Sumedang Rentan Bergeser
Kondisi permukiman dan tebing pascalongsor di Cimanggung, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat/Net
rmol news logo Wilayah longsor di Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, diketahui memiliki kontur lahan yang curam. Secara geologi, struktur tanah dan batuan di wilayah Perumahan SBG Desa Cihanjuang termasuk ke dalam bagian batuan vulkanik Qyu.

Hal itu diketahui dari survei geologi yang dilakukan Tim Fakultas Teknik Geologi Universitas Padjadjaran (Unpad). Survei dilakukan untuk menganalisis struktur geologi di kawasan permukiman tersebut.

"Tadinya wilayah ini bekas tambang batu dan tanah urugan, lalu kemudian diratakan dan dijadikan perumahan," kata dosen Fakultas Teknik Geologi Unpad, Dicky Muslim, seperti dikutip Kantor Berita RMOLJabar dari laman Unpad, Selasa (12/1).

Dalam Peta Geologi yang diterbitkan Badan Geologi Kementerian ESDM, kata Dicky, batuan vulkanik Qyu merupakan produk batuan vulkanik muda yang belum bisa dipisahkan. Batuan ini masih bercampur antara lapisan keras dengan yang halus.

Karena termasuk batuan vulkanik muda, lapisan tanah dan batuan ini cukup rentan. Kerentanan ini sudah terlihat sebelumnya di beberapa titik di wilayah yang mengalami longsor.

Dicky menjelaskan, batas bagian tenggara perumahan tersebut berhadapan dengan tebing yang dibatasi dengan saluran air. Diduga, ketika hujan besar tiba saluran air ini terjadi peresapan atau infiltrasi, sehingga membentuk bidang gelincir yang memungkinkan terjadinya longsor.

Sejumlah rumah yang berbatasan dengan tebing tersebut juga terlihat ada yang retak. Hal ini sudah mengindikasikan bahwa wilayah itu berpotensi terjadi pergeseran tanah yang akan memicu terjadinya longsor.

Hal ini diperparah dengan adanya proyek permukiman baru yang dibangun di atas tebing bagian utara dan tenggara perumahan SBG. Adanya aktivitas lalu lintas alat berat di tebing tersebut turut menjadikan potensi longsor semakin besar

"Secara geoteknik aktivitas tersebut melemahkan ikatan butir tanah di situ, sehingga berpotensi longsor. Apalagi memang sebelumnya wilayah longsor tersebut merupakan sengkedan yang ditanami pohon, kemudian ditebang dan di bagian bawahnya dijadikan perumahan,” papar Dicky.

Perlu diketahui, survei tersebut melibatkan Pusat Riset Kebencanaan Unpad, Ikatan Ahli Geologi Indonesia, serta sejumlah alumni FTG Unpad. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA