Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Belum Bisa Pastikan Keberadaan Pesawat SJ-182, Menhub Beberkan Kronologi Lost Contact

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Sabtu, 09 Januari 2021, 21:07 WIB
Belum Bisa Pastikan Keberadaan Pesawat SJ-182, Menhub Beberkan Kronologi <i>Lost Contact</i>
Pesawat Sriwijaya Air/Net
rmol news logo Informasi hilangnya kontak pesawat Sriwijaya Air JS-182 rute Jakarta-Pontianak dibenarkan Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Namun, dia belum bisa memastikan keberadaan dan kondisi pesawat tersebut, usai lost contact dengan pusat kendali penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta siang tadi.

"Bahwa telah terjadi lost contact Pesawat Udara Sriwijaya Air rute Jakarta-Pontianak dengan nomor SJ-182, terakhir terjadi kontak pada pukul 14.40 WIB. Untuk itu kami turut prihatin atas kejadian ini," ujar Budi dalam jumpa pers virtual, Sabtu petang (9/1).

Usai berkoordinasi dengan sejumlah pihak, Kemenhub kata Budi telah mendapat kronolgis kejadian hilang kontak pesawat yang membawa 50 penumpang dan 12 crew pesawat.

Dia menjelaskan, pesawat tersebut take off dari Bandara Soekarno Hatta pada pukul 14.36 WIB. Pukul 14.37 WIB, pesawat berada di 1.900 kaki di wilayah Jakarta.

"SJ-182 8735 PK CLC Soetta-Pontianak take off pada pukul 14.36 WIB. Pukul 14.37 WIB masih 1.900 feet Jakarta corach. Diizinkan naik ketinggian 29.000 kaki dengan mengikuti standar instrumen departure," ujar Budi Karya dalam jumpa pers virtual, Sabtu (9/1).

Kemudian pada pukul 14.40, Budi menyebut pihak Jakarta Approach melihat Sriwijaya Air tidak ke arah 075 derajat melainkan ke barat laut atau north west.

Dalam hitungan detik, Budi mengatakan Pesawat SJ-182 hilang dari radar dan manager operasi langsung berkoordinasi dengan Basarnas dan instansi terkait.

"Pada pukul 17.30 WIB Bapak Presiden (Joko Widodo) memberikan arahan untuk memaksimalkan pencarian," demikian Budi Karya Sumadi  rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA