Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pernah Disuntik Vaksin Covid-19, Kang Emil Sebut Efek Samping Hanya Mitos

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Sabtu, 09 Januari 2021, 17:00 WIB
Pernah Disuntik Vaksin Covid-19, Kang Emil Sebut Efek Samping Hanya Mitos
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil/Net
rmol news logo Dugaan munculnya efek samping usai penyuntikkan vaskin Covid-19 dibantah oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

Pasalnya, sosk yang kerap disapa Kang Emil ini mengaku tidak pernah merasakan adanya gejala efek samping, setelah disuntik vaksin Covid-19 saat menjadi relawan uji klinis fase ketiga vaksin Sinovac.

"Dugaan bahwa terjadi panas, demam, bengkak atau berubah jadi Spiderman nggak ada hanya mitos saja," ujar Ridwan Kamil dalam diskusi virtual Polemik Trijaya FM, Sabtu (9/1).

Justru usai disuntk vaksin, Ridawan Kamil mengaku punya kekebalan tubuh. Karena, setelah itu dia merasa tubuhnya sehat dan memiliki antobodi.

"Sudah muncul antibodi kang dalam tubuh saya ini. Sehingga tubuh saya ini bisa melawan berbagai virus buruk," tuturnya.

Oleh karena itu, Ridwan Kamil mengajak masyarakat untuk yakin tentang kemaanan vaksin Covid-19 yang dipunyai pemerintah.

Hanya saja dia menginformasikan, perangkat jarum suntik yang digunakan untuk menyuntikkan vaksin ke dalam tubuh orang-orang sedikit berbeda dengan jarum suntik biasanya.

"Jadi buat bapak-bapak yang nanti akan divaksin saya laporkan, jarumnya itu enggak kecil. Berbeda dengan jarum yang biasa untuk mengambil darah. Jadi agak lumayan linu dan pegal otot kiri dan kanan," demikian Ridwan Kamil. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA