Farah.ID
Farah.ID

Lawan Anies, Gerindra Kemungkinan Akan Dorong Riza Patria Atau Saraswati

LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Jumat, 08 Januari 2021, 10:15 WIB
Lawan Anies, Gerindra Kemungkinan Akan Dorong Riza Patria Atau Saraswati
Politisi senior Partai Gerindra Ahmad Riza Patria/Net
Membaca konstelasi politik Pilkada Jakarta 2022, kemungkinkan akan muncul empat pasangan calon. Salah satunya tentu petahana Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Empat paslon, yaitu dari PKS yang kemungkinan mengusung Anies, PDI Perjuangan sebagai partai penguasa yang juga pemenang di DKI, lalu Partai Gerindra, dan juga Partai Demokrat.

Demikian disampaikan analis politik yang juga Direktur Mahara Leadership, Iwel Sastra kepada Kantor Berita Politik RMOL, Jumat (8/1).

Di internal Gerindra, partai besutan Prabowo Subianto itu diperkirakan akan mengusung di antara dua nama. Yaitu, Wakil Gubernur DKI sekaligus Ketua Partai Gerindra DKI, Ahmad Riza Patria, atau Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Rahayu Saraswati Djojohadikusumo.

Saraswati adalah keponakan Prabowo yang pada Pilkada 2020 kalah sebagai calon wakil walikota Tangsel (hitungan KPU) berpasangan dengan Muhammad.

Menurut Iwel Sastra, peluang keduanya sangat besar mesti lebih condong kepada Riza Patria.

"Jadi ada kemungkinan Anies akan berhadapan dengan wakilnya," ucapnya.

Karena hanya memiliki 15 kursi, lanjut Iwel Sastra, Gerindra masih butuh teman koalisi untuk mengusung pasangan calon.

Sebelumnya, Iwel Sastra menyebutkan, Menteri Sosial Tri Rismaharini dan Walikota Solo terpilih Gibran Rakabuming Raka, dua kader PDIP yang berpotensi diusung.

Adapun Partai Demokrat, partai berlambang bintang mercy itu biasanya membuat kejutan pada menit-menit terakhir.

Kemungkinan pilkada tahun 2022 dan tahun 2023 masih terbuka untuk digelar, dimana DPR RI masih membuka wacana normalisasi pilkada dalam revisi UU Pemilu.

ARTIKEL LAINNYA