Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Rehat Sejenak Dari Politik, AHY Gagas Overlanding Indonesia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/yelas-kaparino-1'>YELAS KAPARINO</a>
LAPORAN: YELAS KAPARINO
  • Kamis, 31 Desember 2020, 13:46 WIB
Rehat Sejenak Dari Politik, AHY Gagas Overlanding Indonesia
AHY menyarahkan bantuan/RMOL Jatim
rmol news logo Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Ketua Umum Partai Demokrat yang juga pendiri dan pembina AHY Foundation, kini  mendirikan Overlanding Indonesia. Komunitas baru ini tak ada hubungannya dengan politik.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Sejak 2017, AHY memang rajin berkeliling Indonesia. Keanekaragaman alam dan budaya di setiap tempat dikunjungi itulah yang membuatnya tergerak untuk mendirikan komunitas Overlanding Indonesia pada 30 Desember 2020.

Komunitas ini dibentuk sebagai wadah orang-orang yang  gemar menjelajah Nusantara untuk mengenal dan mencintai alam Indonesia beserta keragaman budayanya.

“Tujuan komunitas ini untuk menjalin dan mengikat tali persaudaraan sesama warga bangsa, sekaligus merawat keberagaman Indonesia,” kata AHY, seperti dilansir Kantor Berita RMOLJatim, Kamis, (31/12),

Komunitas ini akan menggelar berbagai kegiatan. Antara lain, safari nusantara menggunakan kendaraan darat, wisata kuliner, menjelajah alam Indonesia, camping, bantuan sosial, lingkungan dan pendidikan serta kesehatan.

Sampai akhir 2020 ini, Ketua Umum Partai Demokrat itu mengaku sudah mengunjungi 34 provinsi dan lebih dari separuh kabupaten dan kota di seluruh Indonesia. Ia menggunakan transportasi udara, laut dan darat termasuk kendaraan kegemarannya, jip double cabin.

“Saya ingin berbagi pengalaman dan cerita betapa indah dan besarnya Indonesia,” kata AHY.

Sebagai pendiri komunitas Overlanding Indonesia ini, AHY menunjuk Renville Antonio, penggemar otomotif dari Surabaya sebagai Ketua Umum. Secara bertahap, Overlanding akan dikembangkan untuk punya cabang-cabang di semua provinsi dan berbagai kabupaten/kota di seluruh Indonesia.

Komunitas ini terbuka. tidak hanya bagi para pemilik kendaraan bermotor yang ingin menjelajah Nusantara, tetapi juga bagi para fotografer, traveller, camper, pehobi komunikasi radio, pencinta kuliner, serta pencinta alam dan lingkungan.

"Mereka yang kebetulan tidak punya mobil tapi ingin keliling Nusantara, bisa mencari tumpangan pada anggota yang punya mobil dan bisa memberi tumpangan. Jadi ada aspek kebersamaan dan gotong royong di sini,” kata AHY.

Peminat bisa bergabung dengan mengirimkan email ke: [email protected], menyertakan nama, tanggal lahir, alamat, profesi dan motivasi bergabung dengan komunitas ini.

AHY juga menegaskan bahwa Overlanding Indonesia ini adalah komunitas independen yang non-partisan. Overlanding Indonesia sangat terbuka bagi semua kalangan.

"Justru melalui Overlanding Indonesia ini, kita rehat sejenak dari hingar bingar politik. Komunitas ini tidak mengenal perbedaan identitas. Siapapun, mencintai dan bertekad menjaga Indonesia, akan kami sambut hangat,” ujar AHY.

Selain untuk lebih menghargai kekayaan alam dan budaya Indonesia, komunitas Overlanding Indonesia juga akan menyalurkan bantuan kemanusiaan pada kelompok-kelompok masyarakat yang membutuhkan di seluruh Indonesia. Dengan demikian, Overlanding Indonesia tidak hanya bermanfaat bagi anggotanya, tapi juga membawa kebaikan dan manfaat bagi masyarakat yang dilintasi atau dikunjungi.

"Orang yang tidak pernah keliling Indonesia, tidak akan tahu betapa kaya, beranekaragam, indah dan besarnya Indonesia," kata AHY.

Dengan komunitas Overlanding Indonesia ini, AHY berharap masyarakat, khususnya generasi muda, makin termotivasi untuk merawat keberagaman Indonesia sebagai wujud syukur pada Tuhan yang Maha Esa.

Sementara itu, Ketua Umum Overlanding Indonesia Renville Antonio,  mengatakan, siap mendukung penuh niat baik AHY tersebut. Ia juga optimistis, kehadiran komunitas ini dapat menjadi media untuk menumbuhkan kecintaan kita kepada tanah air.

"Tentu, niat baik mas AHY ini kita sopport. Sebab, selain ingin mengajak masyakat menghargai keberagamanan, nantinya juga ada cara cara edukasi bagaimana masyarakat menjaga dan merawat alam Indonesia yang indah ini," kata Renville yang juga anggota Toyota Land Cruiser Indonesia. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA