Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kembangkan Jiwa Enterpreneur Anak Muda, Papua Design Weeks Digelar Di Yogyakarta

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/darmansyah-1'>DARMANSYAH</a>
LAPORAN: DARMANSYAH
  • Kamis, 31 Desember 2020, 13:28 WIB
Kembangkan Jiwa Enterpreneur Anak Muda, Papua Design Weeks Digelar Di Yogyakarta
Gadis Papua menyiapkan karya seni untuk Papua Design Weeks/Ist
rmol news logo Noken Solutions dan Hati Btari menggelar pentas seni dan kebudayaan bertajuk Papua Design Weeks di Yogyakarta.

Kegiatan sosial ini digelar untuk saling merekatkan komunitas dan saling peduli dalam masa pandemi Covid-19.

Ika Permana Sari dari Hati Btari mengatakan, Papua Design Weeks merupakan kegiatan kolaboratif teman-teman asrama mahasiswa Papua di Yogyakarta.

Menurut Ika, rangkaian kegiatan yang dilaksanakan tak semata untuk mengungkap eksistensi dan kekayaan budaya Papua.

"Namun sekaligus ingin menggugah dan meningkatkan jiwa entrepreneur anak muda Papua dalam menciptakan desain produk dan menemukan kembali peluang media promosi digital di era kemajuan teknologi," kata Ika keterangannya, Kamis (31/12).

Ika menambahkan, Papua Design Weeks ingin mendorong lebih jauh pemaknaan kebudayaan asli Papua sebagai modal sosial, tidak hanya sebagai warisan sosial belaka.

Rangkaian kegiatan Papua Design Weeks mulai dilaksanakan tanggal 15 Desember 2020 hingga 11 Januari 2021. Kegiatan-kegiatan yang akan laksanakan meliputi: focus group discussions (FGDs), workshop dan ditutup dengan pameran karya seni dan pentas kebudayaan yang akan ditampilkan secara virtual agar dapat dinikmati oleh publik secara luas.

Rangkaian kegiatan Papua Design Weeks melibatkan sekurangnya 100 mahasiswa Papua dari berbagai asrama yang ada di Yogyakarta.

"Kegiatan FGD di masing-masing asrama menjadi ruang dialog bersama teman-teman mahasiswa Papua untuk menyampaikan gagasan sosio-historis kultural dalam mengidentifikasi budaya dan produk karya seni yang akan diusulkan oleh masing-masing asrama," kata Ika.

Usulan dan kesepakatan yang lahir dalam FGD, sambung Ika, menjadi rujukan dalam proses pembuatan karya seni dalam kegiatan workshop masing-masing asrama yang dilaksanakan dari tanggal 19-24 Desember 2020.

"Dalam pelaksanaannya, workshop akan melibatkan fasilitasi dari desainer-desainer lokal, yang sifatnya untuk elaborasi dan kolaborasi karya seni dan budaya Papua," jelas Ika.

Menurut Ketua Pelaksana dan Inisiator Papua Design Weeks Elna Febi Astuti hasil karya seni dan budaya mahasiswa Papua selanjutnya akan dipamerkan secara virtual dan on site di Sangkring Art Space, Nitiprayan, Kabupaten Bantul, Yogyakarta, pada tanggal 15-21 Januari 2021.

Pameran diharapkan tidak hanya menjadi perhelatan seni dan budaya kepada publik, namun didorong agar mampu menjadi ruang apresiasi dan media pemasaran produk dari teman-teman mahasiswa Papua di Yogyakarta.

"Pada akhirnya, seni dan budaya tidak semata dipandang sebagai obyek keindahan, melainkan menjadi peluang ekonomi baru," pungkas Elna. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA