Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pemkab Karanganyar Salurkan Bansos Rp 1,26 Miliar

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Selasa, 29 Desember 2020, 19:55 WIB
Pemkab Karanganyar Salurkan Bansos Rp 1,26 Miliar
Bantuan sosial senilai total Rp 1,26 miliar diberikan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar melalui Dinas Sosial (Dinsos) kepada penerima manfaat/RMOLJateng
rmol news logo Bantuan sosial senilai total Rp 1,26 miliar diberikan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar melalui Dinas Sosial (Dinsos) kepada penerima manfaat.

Penerima manfaat dibagi dalam empat kategori penerima bantuan yakni Keluarga Penerima Manfaat (KPM) graduasi, santunan kematian, spontanitas rawan sosial, juga korban bencana alam.

Kepala Dinsos Karanganyar, Waluyo Dwi Basuki sebut bantuan diberikan kepada sebanyak 500 KPM graduasi di 17 kecamatan.

"Bagi mereka KPM graduasi atau sudah mengundurkan diri dengan sukarela mendapatkan kompor gas dan piagam," ujar Basuki dikutip Kantor Berita RMOLJateng, Selasa (29/12).

Kemudian santunan kematian bagi 347 penerima, senilai masing-masing Rp 1 juta. Juga bantuan kepada warga yang terdampak bencana senilai Rp 566 juta

"Dengan perincian untuk kategori rusak berat Rp 5 juta, sedang Rp 3,5 juta dan ringan Rp 1,5 juta," imbuhnya.

Basuki dalam kesempatan tersebut juga menjelaskan, jumlah total anggaran bantuan bagi masyarakat senilai Rp 1,26 miliar tersebut berasal dari APBD 2020.

Sementara itu Bupati Karanganyar Juliyatmono juga mengapresiasi Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) telah memotivasi hingga KPM lulus atau graduasi mandiri.

Menurutnya, peran pendamping KPM atau PKH juga berperan penting untuk bisa memotivasi penerima manfaat karena mereka sudah survive dan sudah bisa mandiri untuk bisa mengundurkan diri dari program PKH.

"Karena harapan pemerintah kan seperti itu. Bantuan rutin tiap bulan jika mereka (PKH) ekonomi sudah mulai mapan secara sukarela bisa menyerahkan pada warga lain yang membutuhkan," pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA