Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Chappy Hakim: Pemimpin Itu Diciptakan Dalam Proses Yang Panjang

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Rabu, 23 Desember 2020, 17:12 WIB
Chappy Hakim: Pemimpin Itu Diciptakan Dalam Proses Yang Panjang
Marsekal TNI (Purn) Chappy Hakim/RMOL
rmol news logo Kepemimpinan merupakan suatu keterampilan yang tidak bisa didapatkan oleh semua orang. Terlebih, posisi pemimpin sendiri tidak bisa dirasakan oleh semua orang.

Perdebatan mengenai apakah pemimpin dilahirkan atau pemimpin diciptakan masih menjadi persoalan oleh banyak pihak.

Tetapi KSAU periode 2002-2005, Marsekal TNI (Purn) Chappy Hakim percaya, seorang pemimpin tidak dilahirkan melainkan diciptakan dalam proses yang panjang.

Mengutip sebuah kutipan terkenal dari mantan Presiden Afrika Selatan Nelson Mandela, Chappy mengatakan, seorang pemimpin adalah mereka yang berhasil memotivasi dan menggerakan orang lain untuk mencapai tujuan.

"Vision without action is just a dream, action without vision just passes the time, and vision with action can change the world," ujar Chappy dalam peluncuran dan bedah bukunya yang digelar secara virtual pada Rabu (23/12).

Buku berjudul "Airforce Leadership" itu berisi kisah inspiratif dari Chappy ketika memimpin pasukan TNI Angkatan Udara.

Selain Mandela, Chappy juga menyoroti bagaimana Bapak Proklamator Soekarno mengubah dunia.

Dari berbagai pemimpin yang ia sebutkan, Chappy mengatakan, seorang pemimpin memerlukan proses panjang hingga mendapatkan keterampilan kepemimpinan.

"Penelitian mengatakan bahwa leader itu dibuat atau diciptakan. Leader yang efektif (dapat) memotivasi dan menggerakan orang untuk mencapai tujuan, itu ternyata memerlukan skill atau keterampilan," terangnya.

"Skill yang diperlukan (berasal) dari pengalaman dan pengembangan diri, dari knowledge, dan juga dari education. Itu sebabnya leader diproduksi," lanjutnya.

Di Amerika Serikat, kata Chappy, seorang pemimpin Angkatan Udara ditempa dalam satu unit bernama Leadership Reaction Course.

Di sana para kadet melewati halang rintang bersama-sama. Proses-proses yang mereka lalui akan menumbuhkan jiwa kepemimpinan.

"Sekali lagi leader itu diciptakan dalam proses yang panjang. Untuk itu mari kita belajar bersama2 tentang kepemimpinan," pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA