Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Indeks Pembangunan Manusia Di Jakarta Tertinggi, Bahkan Lampaui Nasional

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Minggu, 20 Desember 2020, 21:19 WIB
Indeks Pembangunan Manusia Di Jakarta Tertinggi, Bahkan Lampaui Nasional
Tangkap layar IPM provinsi di Indonesia dari data BPS/Repro
rmol news logo Provinsi DKI Jakarta mencatatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) tertinggi secara nasional tahun 2020. DKI menyabet status Sangat Tinggi dengan nilai mencapai 80,77.

Dari data yang dirilis Badan Pusat Statistik (BPS) disebutkan, capaian IPM DKI Jakarta tahun 2020 melampauai capaian nasional. IPM secara nasional mendapat nilai 71,94.

"Pembangunan manusia di Provinsi DKI Jakarta terus mengalami kemajuan yang ditandai dengan meningkatnya Indeks Pembangunan Manusia (IPM) DKI Jakarta yang telah mencapai 80,77," demikian data BPS seperti diberitakan Kantor Berita RMOLJakarta, Minggu (20/12).

Meski dihantam pandemi Covid-19, angka IPM DKI Jakarta tahun ini tumbuh 0,01 persen dibanding tahun 2019 lalu yang berada di angka 80,76.

IPM merupakan indikator penting untuk mengukur keberhasilan dalam upaya membangun kualitas hidup manusia di suatu wilayah. Ada tiga acuan yang digunakan untuk mengukur nilai IPM, yaitu umur panjang dan hidup sehat, pengetahuan, serta standar hidup layak atau kesejahteraan.

Tahun 2020, DKI Jakarta berhasil unggul dari Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) di posisi kedua dengan nilai 79,97 dan Kalimantan Timur di posisi ketiga dengan nilai IPM 76,24. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA