Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Apresiasi Keputusan Berharga Jokowi, Tapi Faisal Basri Pertanyakan Perburuan Rente Dan Eksploitasi SDA Di Sulawesi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Sabtu, 19 Desember 2020, 20:24 WIB
Apresiasi Keputusan Berharga Jokowi, Tapi Faisal Basri Pertanyakan Perburuan Rente Dan Eksploitasi SDA Di Sulawesi
Faisal Basri/Net
rmol news logo Ekonom senior Institute for Development of Economics and Finance (Indef), Faisal Basri kembali berkomentar tentang keputusan atau kebijakan Presiden Joko Widodo.

Meski tidak secara ekspilist menyebut bentuk keputusan Jokowi, Faisal mengatakan itu sebagai bentuk kemaslahatan bagi masyarakat Indonesia.

"Bapak Presiden, terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya telah membuat keputusan berdasarkan 'suara' science dan maslahat terbesar untuk Bangsa," ujar Faisal dalam akun Twitternya, @FaisalBasri, yang diposting Rabu (16/12).

Kendati begitu, Faisal menilai apa yang diputuskan Jokowi baru-baru ini memiliki nilai yang berharga untuk dirinya sendiri (value creation/menciptakan nilai).

Justru, hal lainnya yang bersifat mengekstraksi nilai (value extraction), seperti perburuan rente belum diambil keputusanya oleh Jokowi.

"Bapak telah memilih value creation, bukan value extraction alias perburuan rente," cuit Faisal.

Oleh karena itu, Faisal meminta Jokowi untuk menyelesaikan perburuan rente yang masih terjadi di Tanah Air.

Dalam konteks ini, dia menyebutkan satu contoh riil dari perburuan rente di sektor pengelolaan Sumber Daya Alam (SDA) yang terjadi di dua provinsi di Kepulauan Sulawesi.

"Bapak Presiden, jika boleh titip satu lagi, tertibkan segera praktik value extraction kasat mata yang rugikan negara puluhan bahkan bisa ratusan triliun," tuturnya.

"Yaitu, pengurasan kekyaan alam tak terperikan dari usaha smelter nikel di Sultra (Sulawesi Tenggara) dan Sulteng (Sulawesi Tengah). Pengusaha asing menguras sampai kerak-keraknya," demikian Faisal Basri.

Cuitan Faisal Basri ini, berdasarkan tanggal diposting, bertepatan dengan waktu Presiden Joko Widodo melakukan jumpa pers untuk mengumumkan keputusannya menggratiskan vaksin Covid-19. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA