Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Berikan Makna Untuk Sesama, Chappy Hakim Punya 'Meaningful Life'

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Kamis, 17 Desember 2020, 13:02 WIB
Berikan Makna Untuk Sesama, Chappy Hakim Punya <i>'Meaningful Life'</i>
Wartawan senior Ninok Leksono/RMOL
rmol news logo Sosok Chappy Hakim selalu ingin memberikan kontribusi bagi banyak orang. Itu pun ia tuangkan dalam puluhan buku yang telah diterbitkannya.

Aktifnya Chappy dalam dunia literasi disebut oleh wartawan senior Kompas Ninok Leksono sebagai bentuk meaningful life.

Ninok mengatakan, ada tiga kategori manusia dan kecondongannya berdasarkan buku yang telah ia baca, yaitu pleasant life, good life, dan meaningful life.

Pleasant life adalah ketika seseorang menikmati kehidupan. Sementara good life ketika seseorang berbuat kebaikan dalam hidup.

"Tapi paling diidealkan adalah meaningful life, memberikan makna dalam hidupnya dan memberikan makna bagi maslahat," kata Ninok dalam peluncuran dan bincang buku Chappy Hakim yang digelar virtual oleh Penerbit Buku Kompas, Kamis (17/12).

"Saya senang Pak Chappy itu kelihatannya masuk dalam kategori ketiga, pursuing a meaningful life," tambah Rektor Universitas Media Nusantara.

Menurut Ninok, karakter Chappy tersebut juga tidak bisa terlepas dari sang ayah yang merupakan tokoh pejuang Kantor Berita Antara, Abdul Hakim.

"Buah jatuh tidak jauh dari pohonnya... Wartawan itu pabrik tulisan. Pak Chappy bukan wartawan tapi pabrik tulisan," ucapnya.

Dalam peluncuran buku tersebut, KSAU periode 2002-2005 itu memperkenalkan tiga karya barunya berjudul Defence & Aviation, The Playsets, dan Airforce Leadership. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.