Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Beredar Pesan 'Jogja Ditutup', Humas Pemda DIY Pastikan Hoax

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Jumat, 11 Desember 2020, 15:40 WIB
Beredar Pesan 'Jogja Ditutup', Humas Pemda DIY Pastikan Hoax
Tangkapan layar berita hoax soal kondisi penanganan Covid-19 di DIY/Repro
rmol news logo Di tengah kekhawatiran masyarakat akibat masih tingginya angka positif Covid-19 di Indonesia, masih saja ada pihak-pihak yang memanfaatkannya dengan menebar berita bohong alias hoax.

Seperti yang sempat beredar di banyak WhatsApp Grup warga Yogyakarta belakangan ini. Dalam pesan bertitel 'Jogja Ditutup' itu, diminta agar warga DIY mengingatkan saudara atau teman yang berencana ke Yogyakarta untuk menunda dulu.

Pesan berantai tersebut mengatasnamakan tim Satgas Covid-19 UGM.

Pihak Pemerintah Daerah DIY pun segera merespons sekaligus menegaskan bahwa pesan tersebut adalah berita bohong.

"Menanggapi beredarnya pesan WhatsApp Grup yang menyatakan bahwa Jogja ditutup, bersama ini diinformasikan bahwa pesan tersebut adalah Hoax. Mohon agar tidak ikut meneruskan ataupun menyebarkan kembali informasi yang tidak benar tersebut," demikian pernyataan Humas Pemda DIY melalu akun Twitter @humas_jogja, Jumat (11/12).

Hal ini diamini, Kepala Bagian Humas dan Protokol UGM, Dr Iva Ariani, yang menegaskan kalau berita soal asrama UGM di Baciro yang saat ini digunakan untuk shelter karantina pasien Covid-19 telah penuh, sama sekali tidak benar.

“Itu kan sebenarnya berita sudah keluar minggu lalu, dan sudah kami klarifikasi kalau itu bukan pernyataan dari satgas UGM. Berkaitan dengan asrama UGM yang penuh, lalu UGM buka asrama lagi dan lain sebagainya itu, tidak benar,” jelasnya.

Saat ini asrama Baciro memang masih menampung para pasien yang OTG, tetapi hanya terisi antara 25%-30% dari total daya tampung. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA