Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tidak Laporkan Hasil Swab Rizieq Shihab, Kemenkes Harus Beri Teguran Keras Ke MER-C

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Jumat, 04 Desember 2020, 09:50 WIB
Tidak Laporkan Hasil Swab Rizieq Shihab, Kemenkes Harus Beri Teguran Keras Ke MER-C
M. Rizieq Shihab saat menghadiri reuni 212 yang digelar secara virtual, Rabu (3/12)/Net
RMOL. Belum selesai persoalan kerumunan yang terjadi di Petamburan. Kali ini sosok Imam Besar FPI M. Rizieq Shihab kembali hangat dibicarakan terkait muncul di media sosial hasil pemeriksaan swab tes atas nama Muhammad R. Shihab.

Berdasarkan hasil swab yang banyak beredar di medsos tersebut, test swab dilakukan pada 27 November 2020. Kabarnya, hasil tes tersebut dikeluarkan oleh Medical Emergency Rescue Committee (MER-C) dan belum dikonfirmas oleh laboratorium yang dirujuk oleh pemerintah. Juga, infonya tidak dilaporkan ke Dinas Kesehatan.

Ketua Umum Barisan Rakyat 1 Juni (Barak 106) dan juga mantan Kabid Aspel PP GMKI 2016-2018 Martin Siahaan mengatakan bahwa seharusnya apabila hasil swab yang beredar atas nama Muhammad R. Shihab memang benar milik Rizieq Shihab, maka MER-C dan dokter pribadi Rizieq harus ditegur oleh Kemenkes.

"Seharusnya Mer-C dan lembaga eijkman mengkonfirmasi hasil swab Rizieq ke dinas kesehatan atau Satgas Covid 19 agar tidak menimbulkan kegaduhan seperti ini," ujarnya, Jumat (4/12).

Apabila dalam waktu dekat Mer-C tidak mengkonfirmasi hasil swab Rizieq Shihab dan terus mengulirkan kegaduhan di publik, Martin Siahaan meminta Kementerian Kesehatan untuk memberikan teguran kepada lembaga tersebut.

"Kemenkes harus segera menindak kedua lembaga tersebut untuk menghentikan kegaduhan di publik, dan kepada Rizieq kami meminta untuk menyerahkan diri ke Satgas Covid-19 apabila benar dirinya positif, bukan malah lari-lari seperti ini," tutupnya.

Sementara itu, pihak FPI kepada sejumlah media membantah kebenaran foto hasil tes atas nama Muhammad R. Shihab tersebut. Bantahan yang sama juga diutarakan dari Presidium Alumni 212.

Saat menghadiri reuni 212 yang digelar secara virtual, Rabu (3/12), Rizieq Shihab yang mengenakan masker dan face shield mengaku bahwa saat ini kesehatannya masih terus diobservasi setelah keluar dari Rumah Sakit (RS) Ummi, Kota Bogor, Jawa Barat pada akhir November lalu.

"Saya juga ingin minta maaf kepada seluruh tokoh, habib, ulama, saya belum bisa bersilaturahmi untuk keliling. Karena memang saya dalam observasi untuk menjaga kesehatan saya dan keluarga atas saran tim medis," kata Rizieq seperti disiarkan akun YouTube Front TV.

Rizieq Shihab mengakui saat ini dia diminta untuk melakukan isolasi mandiri oleh tim medis. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA