Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Satgas Covid-19 Dapat Sumbangan Piringan Hitam Dari Rhoma Irama Dkk, Berisi Lagu Untuk Kampanye Cuci Tangan

LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Kamis, 03 Desember 2020, 14:50 WIB
Satgas Covid-19 Dapat Sumbangan Piringan Hitam Dari Rhoma Irama Dkk, Berisi Lagu Untuk Kampanye Cuci Tangan
Jurubicara Satgas Covid19, Wiku Adisasmito/Repro
Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 mendapat bantuan dari sejumlah musisi berupa piringan hitam yang berisi lagu pengiring mencuci tangan untuk masyarakat.

Dalam siaran pers yang diterima Kantor Berita Politik RMOL, Satgas telah menerima piringan hitam atau vinyl dari para musisi secara virtual, pada Rabu (2/12).

Terdapat 70 lagu hasil karya musisi yang dikumpulkan dalam playlist di beberapa platform digital dan bisa diputar masyarakat. Pada dasarnya, lagu-lagu itu dimaksudkan untuk mengkampanyekan Gerakan #20DetikCuciCorona.

Dalam acara penyerahan kemarin, Satgas Penanganan Covid-19 menerima vinyl dari tokoh budaya yang juga legenda Dangdut Indonesia, Rhoma Irama, dan juga beberapa museum di Indonesia.

Inisiator gerakan #20DetikCuciCorona, Dhani Hargo mengatakan, gerakan ini memilih menyampaikan pesan kepada masyarakat Indonesia lewat musik karena tujuannya menjadi lebih tersampaikan.

"Salah satu cara mengedukasi masyarakat Indonesia adalah dengan menyentuh rasa mereka. Salah satunya lewat musik," ujar Dhani dalam acara.

Donasi lagu para musisi ini sengaja dikonversi ke dalam piringan hitam agar terjaga lebih dari 100 tahun. Penyimpanan dan pengarsipan karya menjadi penting, mengingat situasi pandemi bisa berulang dalam jangka waktu tertentu. Sehingga bisa menjadi pembelajaran di masa depan.

Dalam kesempatan tersebut, Jurubicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito, mengucapkan terima kasih atas jasa para musisi, karena bersedia membuat lagu berdurasi 20 detik untuk kampanye gerakan mencuci tangan.

"Terima kasih telah diberi kepercayaan untuk meneruskan semangat perjuangan dari Gerakan #20DetikCuciCorona," ungkapnya.

"Semoga seluruh masyarakat yang memang sering mendengarkan musik dan lagu menjadi lebih mudah untuk memahami dan mempraktikkan cara cuci tangan dengan baik sehingga dapat terhindar dari virus corona,” demikian Wiku Adisasmito.
EDITOR: AHMAD SATRYO

ARTIKEL LAINNYA