Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kasus Covid-19 Melonjak Tajam, Fasilitas Kesehatan Di Cirebon Nyaris Lumpuh

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Rabu, 02 Desember 2020, 10:54 WIB
Kasus Covid-19 Melonjak Tajam, Fasilitas Kesehatan Di Cirebon Nyaris Lumpuh
Ilustrasi/Net
rmol news logo Lonjakan kasus positif Covid-19 di Cirebon dan sekitarnya membuat daya tampung fasilitas kesehatan di wilayah tersebut sudah penuh.

Bahkan, menurut Kepala Dinas Kesehatan Kota Cirebon, Edy Sugiarto, lonjakan kasus Covid-19 membuat seluruh fasilitas kesehatan yang ada di wilayahnya saat ini sudah hampir lumpuh.

“Seluruh fasilitas kesehatan hampir lumpuh. Petugas tidak menyerah, tapi kapasitas yang ada dengan lonjakan saat ini tidak mencukupi atau tidak sesuai,” jelas Edy di Kota Cirebon, Selasa (1/12).

Edy menyebutkan, saat ini ada sekitar 200 orang lebih pasien Covid-19 yang masih mengantre untuk melakukan isolasi mandiri di beberapa hotel yang telah disiapkan oleh Pemkot Cirebon. Hal serupa juga terjadi di sejumlah rumah sakit yang ada di Kota Cirebon.

“Artinya mereka tidak tertampung”, ungkap Edy, dikutip Kantor Berita RMOLJabar.

Edy menjelaskan, bagi pasien Covid-19 yang tidak tertampung, saat ini menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing dengan pengawasan ketat dari pihak Puskesmas.

Kondisi tersebut membuat beberapa rumah sakit yang ada di wilayah Cirebon menyatakan akan menambah kapasitas, khusus untuk pasien Covid-19.

“RS Ciremai mau nambah 15, RS Gunung Jati nambah 60, RS Sumber kasih 11, RS Pelabuhan nambah 12, RS Putra Bahagia nambah 11 juga”, kata Edy.

Namun demikian, menurutnya, penambahan kapasitas di sejumlah rumah sakit itu dinilai masih belum cukup untuk memenuhi kebutuhan yang ada.

“Penambahan ini akan tidak bisa mencukupi kebutuhan yang ada karena lonjakannya lebih tinggi. Sementara RS Gunung Jati menerima dari dari tiga wilayah,” ucapnya.

Berdasarkan data di https://covid19.cirebonkota.go.id/, per Selasa (1/12), jumlah yang terkonfirmasi positif Covid-19 di Kota Cirebon sebanyak 1.175. Dari jumlah tersebut, 699 orang masih menjalani isolasi, 422 selesai isolasi, sementara 54 lainnya meninggal dunia. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA