Kompolnas Apresiasi Inovasi IT Yanmas Ditregident Korlantas Polri

Komisioner Kompolnas Irjen (Purn) Pudji Hartanto Iskandar/Net

Komisioner Kompolnas, Irjen (Purn) Pudji Hartanto Iskandar memberikan apresiasi serta dukungan terhadap upaya Korlantas Polri dalam mengelola pelayanan masyarakat (yanmas) di bidang regident (registrasi identifikasi), khususnya STNK pada Samsat yang berbasis teknologi.

Mantan Kakorlantas ini menilai tepat pengembangan produk pelayanan publik yang berbasis teknologi dengan melakukan berbagai inovasi disaat pandemi Covid-19 dan era teknologi industri 4.0 ini.

Pudji mengatakan, untuk melihat peluang meningkatnya penggunaan internet oleh masyarakat, Polri terlebih khususnya Polantas memang seharusnya mulai meninggalkan pelayanan konvensional yang terkenal dengan antri, lama dan berbelit-belit. Keuntungan inovasi berbasis teknologi di era digital bagi Polri, Polantas khususnya dan pemerintah pada umumnya adalah, efisiensi biaya dan waktu.

"Tidak perlu antri, tidak berbelit-belit, semua prosedur dan dokumen bisa diproses secara online," kata Pudji kepada wartawan, Senin (30/11).

Karena pada prinsipnya, sambung Pudji, pelayanan berbasis teknologi adalah bagian dari upaya mendukung pelaksanaan good governance. Korlantas, ujar dia dapat melihat ke arah mana kebutuhan masyarakat di era teknologi industri 4.0 yang serba digital.

"Kompolnas mengapresiasi inovasi yang dilakukan Diregident Korlantas Polri, Brigjen Yusuf dan jajaran karena hal ini dapat mengurangi keluhan masyarakat di bidang pelayanan lalulintas. Dengan harapan terus meningkatkan pelayanan publik berbasis inovasi teknologi, sehingga mampu meningkatkan kepuasan pelayanan Polantas di era teknologi industri 4.0," ujar Pudji.

Sementara itu, Kakorlantas Polri Irjen Istiono, menambahkan,  pembangunan birokrasi merupakan salah satu program prioritas pemerintah yang harus menjadi perhatian. Hal ini merupakan tugas yang sangat besar bagi petugas pelayanan publik di tengah perkembangan digitalisasi dari era revolusi industri 4.0 yang juga banyak membawa perubahan di semua aspek kehidupan.

Terlebih di situasi pandemi Covid-19 yang sampai saat ini belum berakhir mengharuskan adanya perubahan pada pelayanan publik. Untuk menjawab tantangan tersebut, Korlantas Polri melakukan langkah-langkah perubahan digitalisasi dengan adanya IT for road safety.

Kakorlantas berharap dengan adanya IT fo Road Safety ini, para stakeholder bersama-sama membangun program-program pelayanan prima untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.
EDITOR: IDHAM ANHARI

Kolom Komentar


Video

Puting Beliung Gegerkan Wonogiri!

Rabu, 20 Januari 2021
Video

Tanya Jawab Cak Ulung • Membaca Bencana Lewat Politik

Kamis, 21 Januari 2021
Video

Bincang Sehat • Vaksin Covid-19 Pada Lansia

Jumat, 22 Januari 2021

Artikel Lainnya

Pupuk Subsidi Dipastikan Tidak Langka Di Jabar, Ini Penjelasan Anak Buah Kang Emil
Nusantara

Pupuk Subsidi Dipastikan Tid..

23 Januari 2021 13:44
PGRI: Bagi Sekolah Dan Guru Yang Infastuktur Memadai PJJ Percepat Literasi Digital
Nusantara

PGRI: Bagi Sekolah Dan Guru ..

23 Januari 2021 12:57
Kemendikbud Akui Ada Penurunan Akademis Siswa Saat PJJ
Nusantara

Kemendikbud Akui Ada Penurun..

23 Januari 2021 11:18
KPAI: Ada Korelasi Kondisi Ekonomi Pengaruhi Disparitas PJJ
Nusantara

KPAI: Ada Korelasi Kondisi E..

23 Januari 2021 10:42
Delapan Kecamatan Di Manado Kebanjiran, Tiga Warga Tewas
Nusantara

Delapan Kecamatan Di Manado ..

23 Januari 2021 04:23
PPKM Jateng Tak Efisien, Ahli: Sanksi Memberatkan Dan Minim Sosialisasi
Nusantara

PPKM Jateng Tak Efisien, Ahl..

23 Januari 2021 01:39
Aksi Nyata KNPI Bantu Korban Bencana Alam Berbuah Apresiasi Kepala BNPB
Nusantara

Aksi Nyata KNPI Bantu Korban..

22 Januari 2021 22:37
Masuk Tahap Transisi Pemulihan, BNPB Berupaya Percepat Pendataan Kerusakan Gempa Sulbar
Nusantara

Masuk Tahap Transisi Pemulih..

22 Januari 2021 22:36