Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kompolnas Apresiasi Inovasi IT Yanmas Ditregident Korlantas Polri

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Senin, 30 November 2020, 20:37 WIB
Kompolnas Apresiasi Inovasi IT Yanmas Ditregident Korlantas Polri
Komisioner Kompolnas Irjen (Purn) Pudji Hartanto Iskandar/Net
rmol news logo Komisioner Kompolnas, Irjen (Purn) Pudji Hartanto Iskandar memberikan apresiasi serta dukungan terhadap upaya Korlantas Polri dalam mengelola pelayanan masyarakat (yanmas) di bidang regident (registrasi identifikasi), khususnya STNK pada Samsat yang berbasis teknologi.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Mantan Kakorlantas ini menilai tepat pengembangan produk pelayanan publik yang berbasis teknologi dengan melakukan berbagai inovasi disaat pandemi Covid-19 dan era teknologi industri 4.0 ini.

Pudji mengatakan, untuk melihat peluang meningkatnya penggunaan internet oleh masyarakat, Polri terlebih khususnya Polantas memang seharusnya mulai meninggalkan pelayanan konvensional yang terkenal dengan antri, lama dan berbelit-belit. Keuntungan inovasi berbasis teknologi di era digital bagi Polri, Polantas khususnya dan pemerintah pada umumnya adalah, efisiensi biaya dan waktu.

"Tidak perlu antri, tidak berbelit-belit, semua prosedur dan dokumen bisa diproses secara online," kata Pudji kepada wartawan, Senin (30/11).

Karena pada prinsipnya, sambung Pudji, pelayanan berbasis teknologi adalah bagian dari upaya mendukung pelaksanaan good governance. Korlantas, ujar dia dapat melihat ke arah mana kebutuhan masyarakat di era teknologi industri 4.0 yang serba digital.

"Kompolnas mengapresiasi inovasi yang dilakukan Diregident Korlantas Polri, Brigjen Yusuf dan jajaran karena hal ini dapat mengurangi keluhan masyarakat di bidang pelayanan lalulintas. Dengan harapan terus meningkatkan pelayanan publik berbasis inovasi teknologi, sehingga mampu meningkatkan kepuasan pelayanan Polantas di era teknologi industri 4.0," ujar Pudji.

Sementara itu, Kakorlantas Polri Irjen Istiono, menambahkan,  pembangunan birokrasi merupakan salah satu program prioritas pemerintah yang harus menjadi perhatian. Hal ini merupakan tugas yang sangat besar bagi petugas pelayanan publik di tengah perkembangan digitalisasi dari era revolusi industri 4.0 yang juga banyak membawa perubahan di semua aspek kehidupan.

Terlebih di situasi pandemi Covid-19 yang sampai saat ini belum berakhir mengharuskan adanya perubahan pada pelayanan publik. Untuk menjawab tantangan tersebut, Korlantas Polri melakukan langkah-langkah perubahan digitalisasi dengan adanya IT for road safety.

Kakorlantas berharap dengan adanya IT fo Road Safety ini, para stakeholder bersama-sama membangun program-program pelayanan prima untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA