Kunker Ke Papua, Panglima TNI Minta Masyarakat Tidak Lengah

Panglimat TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto, saat melakukan kunjungan kerja di Papua/Ist

Di tengah situas pandemi Covid-19 yang masih belum terlihat ujungnya, kedisiplinan dan kewaspadaan masyarakat menjadi poin penting untuk menekan angka kasus positif di wilayahnya.

Caranya tentu saja dengan disiplin menjalankan 3 M. Memakai masker, Menjaga jarak, dan rajin Mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir.

Demikian yang disampaikan Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, saat melakukan kunjung kerja (kunker) ke Provinsi Papua dan Papua Barat, Sabtu (28/11).

Dalam kunjungan yang menerapkan protokol kesehatan ketat, Panglima TNI didampingi Irwasum Polri, Komjen Agung Budi Maryoto. Keduanya bertemu dan berbincang langsung dengan Forkopimda, tokoh masyarakat, tokoh agama, dan tokoh adat Papua di Rimba Papua Hotel Timika, Papua, Sabtu (28/11).

“Merupakan sebuah kehormatan bagi saya dapat bertatap muka dalam rangka silaturahmi bersama Forkopimda serta para tokoh agama, Tokoh Adat dan Tokoh Masyarakat Papua dan Papua Barat,” terang Panglima TNI.

Kemudian, menyikapi tingginya kasus Covid-19 di Papua, Panglima TNI menyampaikan agar seluruh elemen masyarakat tidak boleh lengah. Protokol kesehatan harus sudah menjadi kebutuhan dan bagian hidup sehari-hari.

Untuk itu diperlukan kerjasama dari masyarakat yang bersatu dalam melaksanakan protokol kesehatan.

“Slogan, 'Saya melindungi saudara dan saudara melindungi saya', harus menjadi kesadaran semua orang. Kita saling melindungi dengan disiplin melaksanakan 3M (Mencuci Tangan, Memakai Masker, dan Menjaga Jarak),” tambah Panglima TNI.

Dengan kata lain, persatuan dan kesatuan seluruh masyarakat dalam melaksanakan 3M sangat penting guna meraih kebebasan dari Pandemi Covid-19.

Terlebih dalam waktu dekat, akan dilaksanakan Pilkada. Apalagi rangkaian penyelenggaraan Pilkada cukup rawan dengan berbagai dinamika, ditambah dengan adanya pandemi Covid-19 yang menjadi ancaman tersendiri.

Tentunya perlu kedewasaan masyarakat dalam berpolitik, berdemokrasi, dan menyampaikan aspirasi. Sehingga seluruh tahapan Pilkada dapat berjalan baik dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

“Kita menyadari, terdapat banyak tantangan yang harus kita selesaikan. Hal tersebut harus kita hadapi bersama-sama, saling bahu-membahu dan berkoordinasi untuk kemajuan Papua, Papua Barat dan Seluruh Indonesia,” lanjut Panglima TNI.

Sementara itu, terkait Keputusan Presiden Nomor 20 Tahun 2020 yang ditetapkan pada 29 September 2020 tentang Tim Koordinasi Terpadu Percepatan Pembangunan Kesejahteraan di Provinsi Papua dan Papua Barat, dijelaskan Panglima, menjadi bukti keseriusan Pemerintah untuk mengutamakan pendekatan kesejahteraan sebagai langkah utama untuk menyelesaikan berbagai permasalahan di Papua dan Papua Barat.

Karena itu, pemerintah dan masyarakat harus bahu membahu meningkatkan kualitas masyarakat Papua dan Papua Barat. Meliputi kualitas pendidikan, kesehatan, lapangan kerja, dan kualitas kehidupan, agar masyarakat Papua dan Papua Barat lebih berperan dalam membangun daerahnya.

“Saya yakin Papua dan Papua Barat akan semakin sejahtera dan maju, karena Papua dan Papua Barat memiliki semua hal yang dibutuhkan untuk menjadi daerah yang maju. Dengan syarat kita harus bersatu padu untuk meningkatkan kualitas SDM, memastikan kedamaian dan stabilitas, untuk pembangunan demi kesejahteraan masyarakat Papua dan Papua Barat,” tegas Panglima TNI.

Sambutan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto diakhiri dengan “Bersama kita bisa. Bersinergi untuk negeri."

Turut hadir dalam kegiatan ini segenap Pejabat TNI dan Pejabat Polri, Uskup Agats, Uskup Manokwari, Mewakili Keuskupan Merauke Pastur Amo, Mewakili Keuskupan Timika Pastur Rudolf Kambayong, Kepala Perwakilan Komnas HAM Papua, Ketua Lemasko, Ketua Lemasa, Kepala Suku Nduga, Kepala Suku Moni, Kepala Suku Mee, Kepala Suku Damal, Kepala Suku Dani, Tokoh Suku Kamoro, Direktur YPMAK, tokoh pemuda Yanto Eluay, tokoh Perempuan Maria Florida, Sekda Mimika, dan Asisten 2 Bupati Nduga.
EDITOR: AGUS DWI

Kolom Komentar


Video

Puting Beliung Gegerkan Wonogiri!

Rabu, 20 Januari 2021
Video

Tanya Jawab Cak Ulung • Membaca Bencana Lewat Politik

Kamis, 21 Januari 2021
Video

Bincang Sehat • Vaksin Covid-19 Pada Lansia

Jumat, 22 Januari 2021

Artikel Lainnya

PPKM Jateng Tak Efisien, Ahli: Sanksi Memberatkan Dan Minim Sosialisasi
Nusantara

PPKM Jateng Tak Efisien, Ahl..

23 Januari 2021 01:39
Aksi Nyata KNPI Bantu Korban Bencana Alam Berbuah Apresiasi Kepala BNPB
Nusantara

Aksi Nyata KNPI Bantu Korban..

22 Januari 2021 22:37
Masuk Tahap Transisi Pemulihan, BNPB Berupaya Percepat Pendataan Kerusakan Gempa Sulbar
Nusantara

Masuk Tahap Transisi Pemulih..

22 Januari 2021 22:36
Cegah Sabotase, Pemkot Jakpus Dirikan Pos Keamanan Di Rumah Pompa
Nusantara

Cegah Sabotase, Pemkot Jakpu..

22 Januari 2021 21:32
KKB Tembaki Pos Tatigi Intan Jaya, Dua Prajurit TNI Gugur
Nusantara

KKB Tembaki Pos Tatigi Intan..

22 Januari 2021 21:03
Polisi Selidiki Pasangan Mesum Di Halte Senen
Nusantara

Polisi Selidiki Pasangan Mes..

22 Januari 2021 18:53
Wagub DKI Minta Polisi Usut Dugaan Sabotase Pompa Banjir
Nusantara

Wagub DKI Minta Polisi Usut ..

22 Januari 2021 18:15
KNPI Gandeng Organisasi Kampus Salurkan Bantuan Korban Gempa Majene
Nusantara

KNPI Gandeng Organisasi Kamp..

22 Januari 2021 17:49