Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Inovasi Layanan Publik Pemkab Demak Berbuah Prestasi Dari Kemenpan RB

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Kamis, 26 November 2020, 16:03 WIB
Inovasi Layanan Publik Pemkab Demak Berbuah Prestasi Dari Kemenpan RB
Indah Cahya Rini, Kadiskominfo Kabupaten Demak bersama tim foto bersama usai penganugerahan penghargaan di Gedung Tribrata Jakarta, kemarin/Net
rmol news logo Kabupaten Demak meraih dua penghargaan sekaligus dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).
 
Penghargaan diserahkan langsung oleh Menpan RB Tjahjo Kumolo kepada Sekda Demak Singgih Setyono di Gedung Tribrata, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (25/11).

Kedua penghargaan yakni pada gelaran kompetisi Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional/Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (SP4N LAPOR), Pemkab Demak ditetapkan menjadi yang terbaik dalam pengelola sistem pengaduan pelayanan publik.

Kemudian pada kompetisi top 45 inovasi pelayanan publik, Puskesmas Bonang II melalui program Cengkaram Mata Elang (CME) juga meraih prestasi terbaik.

Sekda Demak Singgih Setyono mengatakan, Pemkab Demak memiliki komitmen dan perhatian serius terhadap upaya memberikan layanan publik yang terbaik. Sehingga, sejumlah upaya telah dilakukan dengan melibatkan semua OPD dan instansi samping.

Diakui dia, sebelum ada penerapan SP4N LAPOR di Kabupaten Demak terdapat sejumlah masalah terkait pelayanan publik. Mulai dari tingginya aduan pelayanan publik, lambatnya respons OPD dalam menjawab aduan, dan belum adanya sistem layanan yang cepat, sistematis dan terukur.

Sementara, masyarakat menginginkan pemerintah memberikan pelayanan cepat, mudah, murah berkualitas dan berkesinambungan.

"Penerapan SP4N LAPOR di Kabupaten Demak terbukti dapat menjawab masalah-masalah yang muncul tersebut," ujar Singgih dalam keterangannya, Kamis (26/11).

Lanjutnya, semua aduan masyarakat dapat langsung direspons oleh OPD atau instansi terkait. Ini karena aduan yang masuk melalui SP4N LAPOR terkelola dengan baik dan terhubung dengan banyak media.

Hingga pertengahan tahun 2020, terdapat 173 aduan, dan tingkat penyelesaian tindak lanjut mencapai 100 persen. Kondisi itu membuat indeks kepuasan masyarakat atas pelayanan publik meningkat signifikan.

Inovasi konektivitas layanan SP4N LAPOR Pemkab Demak dapat diakses melalui sejumlah kanal, baik media sosial Facebook, Twitter, kemudian link website OPD dan PPID, juga bisa http://hallodemak.lapor.go.id.

"Namun demikian, bagi yang menginginkan aduan tatap muka juga difasilitasi melalui buka lapak dan mobil keliling SP4N LAPOR yang biasanya terdapat di pusat keramaian di wilayah Kabupaten Demak," pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA