Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dorong Perekonomian Komunitas Bunaani Papua, Bupati Paniai Serahkan Bantuan Uang Dan Alat Perkebunan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Senin, 23 November 2020, 07:48 WIB
Dorong Perekonomian Komunitas Bunaani Papua, Bupati Paniai Serahkan Bantuan Uang Dan Alat Perkebunan
Bupati Kabupaten Paniai, Meki Nawipa, menyerahkan bantuan kepada komunitas Bunaani di Papua/Istimewa
rmol news logo Komitmen Bupati Kabupaten Paniai, Meki Nawipa, untuk membantu kehidupan komunitas Bunaani yang masih melestarikan budaya suku Mee masih sangat besar.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Seperti yang terlihat saat Bupati Meki Nawipa menemui warga komunitas Bunaani di Kampung Potigouda, Distrik Yatamo, Papua, pada Sabtu kemarin (21/11).

Pada kesempatan itu bupati memberikan bantuan uang tunai sebesar Rp 50 juta, dan puluhan perkakas kebun seperti sekop, parang, kapak, dan linggis.

Hal itu dilakukan Meki Nawipa guna mendorong ekonomi kerakyatan sekaligus membangkitkan kembali misi dari komunitas Bunaani yang masih melestarikan perkebunan petatas, keladi, tebu, sayuran, dan pisang.

“Iya, saya datang untuk perkenalan di tempat komunitas Bunaani, sekaligus meminta bantuan untuk tanam kopi. Saya sudah bantu uang Rp 50 juta, sekop 50 buah, parang 50 buah, linggis 50 buah, dan kapak 50 buah. Rencana, minggu depan saya kasih uang Rp 50 juta lagi,” ujar Meki Nawipa, Minggu (22/11).

Menurut Meki Nawipa, hanya komunitas yang mempertahankan identitas diri suku Mee saja yang bisa mendukung visi dan misinya untuk pengembangan kopi dan jenis pertanian lainnya di wilayah tersebut.

“Selain mereka tanam kopi, saya juga akan memberikan bibit bawang putih, bawang merah, dan kedelai. Syukurlah bahwa mereka sudah bilang bersedia. Jadi yang bisa kerja cuma mereka (Bunaani) saja,” jelas Bupati.

Bantuan Bupati Paniai ini disambut suka cita. Perwakilan komunitas Bunaani Potigouda, Simson Mote, pun berterima kasih atas bantuan yang diberikan Bupati Meki Nawipa yang juga melihat langsung dari dekat kebun dan aneka kerajinan yang mereka buat.

“Ini sejarah bagi seluruh anggota Bunaani. Sejak Kabupaten Paniai hadir sampai sekarang hanya dia (Meki Nawipa) saja yang datang ke tempat kami,” tutur Simson.

Sementara itu, Kepala Distrik Yatamo, Yanuarius Tekege mengatakan, Bunaani merupakan salah satu komunitas yang telah lama berdiri di wilayah Meepago.

“Kehadiran bupati ini, kami yakin akan ada perubahan besar-besaran untuk mewujudkan mimpi Bunaani dan mimpi pemerintah sebagai ayah yang melindungi anak-anaknya di Paniai. Terima kasih Pak Bupati,” katanya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA