Turut Berduka Atas Kepergian Ricky Yacobi, LaNyalla: Selamat Jalan Legenda

Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, turut berduka atas meninggalnya legenda sepak bola Indonesia, Ricky Yacobi/Istimewa

Kepergian legenda sepak bola Indonesia, Ricky Yacobi, untuk selama-lamanya meninggalkan banyak duka bagi pencinta bola tanah air. Tak terkecuali Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, yang ikut berduka atas meninggalnya mantan pemain Timnas itu.

“Baru beberapa hari lalu kita kehilangan legenda sepak bola Parlin Siagian. Hari ini satu legenda sepak bola lainnya, Ricky Yacobi, striker andal yang pernah mengharumkan nama Indonesia, berpulang ke rahmatullah,” ujar LaNyalla, Sabtu (21/11).

LaNyalla pun berduka atas kepergian Ricky Yakobi. Ia mendokan agar arwah Ricky diterima di sisi-Nya dan keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan.

“Innalilahi wainna ilaihi rojiun, ikut berdukacita atas wafatnya Ricky Yacobi. Semoga beliau husnul khotimah,” tutur LaNyalla, yang pernah menjadi Ketua Badan Tim Nasional PSSI.

Ricky Yacobi meninggal Sabtu pagi (23/11), diduga karena mengalami serangan jantung saat sedang bermain sepak bola bersama beberapa mantan pemain asal Medan di Lapangan ABC, Senayan, Jakarta Pusat.

Mantan pemain PSMS Medan itu sempat mencetak gol dan melakukan selebrasi sebelum terjatuh hingga tak sadarkan diri.

Sang legenda sepak bola tanah air itu sempat dilarikan ke rumah sakit terdekat, namun tak tertolong. Ricky pun wafat di usia 57 tahun.

LaNyalla pun coba mengenang kiprah Ricky untuk sepak bola Indonesia. Jasa-jasa Ricky membela negara memang patut diapresiasi tinggi.

“Di Asian Games 1986 di Korea Selatan, Ricky Yacobi tampil menawan saat perempat final melawan Uni Emirat Arab. Ricky berhasil mencetak gol yang sangat indah dengan tendangan tanpa menyentuh tanah. Indonesia akhirnya menang lewat adu penalti,” kenang LaNyalla.

“Ricky Yacobi juga pernah membantu Timnas Indonesia merebut medali emas SEA Games 1987. Saat itu ia mengemban tugas sebagai kapten,” imbuh mantan Ketua Umum PSSI tersebut.

Ricky Yacobi memang dikenal sebagai striker yang garang. Bahkan ia dijuluki Paul Breitner-nya Indonesia. Ricky juga mengandalkan kecepatan dalam bermain. Talenta dan prestasi Ricky membuatnya dilirik oleh tim luar negeri.

Ricky pun sempat diboyong klub Jepang, Matsushita FC, atau yang kini bernama Gamba Osaka. Sementara di dalam negeri, selain PSMS Medan, Ricky pernah bermain di Arseto Solo, BPD Jateng, dan PSIS Semarang.

“Teladan perjuangan Ricky Yacobi harus dicontoh para pesepakbola muda Indonesia. Bahwa dengan semangat dan usaha, perjuangan tidak akan sia-sia,” ucap LaNyalla.

LaNyalla juga mengapresiasi kecintaan Ricky Yacobi terhadap dunia sepak bola. Setelah gantung sepatu, kesibukan Ricky adalah mengurus sekolah sepak bola yang diberi nama SSB Ricky Yacobi.

“Bahkan setelah pensiun sebagai pemain, Ricky juga masih berusaha memberikan yang terbaik dengan memberi pelatihan untuk mencetak bibit-bibit unggul pesepakbola tanah air,” sebut LaNyalla.

Kini, Ricky tak lagi bisa berkiprah di dunia sepak bola Indonesia. Namun segala perjuangannya, akan diteruskan oleh para pesepakbola muda harapan bangsa.

“Selamat jalan legenda. Perjuanganmu akan selalu dirindukan,” tutup LaNyalla.
EDITOR: AGUS DWI

Kolom Komentar


Video

Ini Penampakan Prototipe Jet Tempur KF-X/IF-X

Sabtu, 10 April 2021
Video

Satreskrim Polres Grobogan Tangkap Pengedar Obat Aborsi

Selasa, 13 April 2021
Video

Obrolan Bareng Bang Ruslan • Reshuffle Kabinet

Selasa, 13 April 2021

Artikel Lainnya

Selama Ramadhan, Penumpang MRT Boleh Buka Puasa Dalam Gerbong
Nusantara

Selama Ramadhan, Penumpang M..

13 April 2021 17:55
Harga Minyak Goreng Dan Gula Mulai Naik, Pemkot Bandung Siap Tambah Pasokan
Nusantara

Harga Minyak Goreng Dan Gula..

13 April 2021 16:17
Pasca Kebakaran, Pedagang Pasar Inpres Akan Diberi Lapak Sementara
Nusantara

Pasca Kebakaran, Pedagang Pa..

13 April 2021 15:51
Fatwa MUI, Vaksin Dan Swab Test Lewat Hidung Tak Batalkan Puasa
Nusantara

Fatwa MUI, Vaksin Dan Swab T..

13 April 2021 15:47
Jaga Kebersihan Kota Semarang, Satpol PP Fokus Razia PGOT Selama Ramadan
Nusantara

Jaga Kebersihan Kota Semaran..

13 April 2021 15:45
TMII, Gagasan Ali Sadikin Yang Direalisasikan Ibu Tien
Nusantara

TMII, Gagasan Ali Sadikin Ya..

13 April 2021 14:53
Kritik Rencana Peleburan 5 OPD Pemprov Sumut, Politikus Gerindra: Tak Ada Kaitan Dengan Peningkatan PAD
Nusantara

Kritik Rencana Peleburan 5 O..

13 April 2021 14:32
Hari Pertama Ramadan, 2.500 Guru Di Kota Tangerang Disuntik Vaksin
Nusantara

Hari Pertama Ramadan, 2.500 ..

13 April 2021 14:29