Rentan Stres Saat Pandemi, Umat Islam Disarankan Perbanyak Shalat Dan Zikir

Foto ilutrasi/Net

Pandemi Covid-19 yang melanda dunia memberikan efek nyaris pada setiap sendi kehidupan manusia. Mulai dari tekanan ekonomi, kehidupan sosial, hingga kondisi kejiwaan terasa sangat terdampak.

Di Indonesia, tidak terasa sudah delapan bulan lebih kita dirundung pandemi yang tak juga kelihatan ujungnya. Selama pandemi berlangsung, aktivitas berkurang drastis lantaran dibatasi dengan berbagai protokol kesehatan.

Banyak orang yang menjadi rentan terhadap stres menghadapi berbagai persoalan hidup yang diakibatkan oleh kondisi ini. Padahal, stres di tengah kondisi seperti ini akan membuat lebih rentan jatuh sakit.

Stres di kala pandemi pada dasarnya sangat lumrah. Namun jika tidak dikelola dengan baik, stres dapat melemahkan sistem imun. Akibatnya, lebih rentan sakit. Dalam jangka panjang, stres yang tak dikelola dengan baik dapat menyebabkan penyakit-penyakit antara lain, darah tinggi, gangguan jantung, diabetes, dan masih banyak lagi.

Haryo Prabowo selaku pemilik aplikasi Bisaquran.com mengatakan bagi umat Islam, mengelola stres dapat dilakukan dengan memperbanyak shalat dan berzikir kepada Allah SWT. Shalat merupakan ibadah yang paling dimuliakan oleh Allah SWT, karenanya menjadi kewajiban bagi setiap muslim untuk menjalankannya.

Namun, tidak hanya sampai di situ, shalat dan mengingat Allah SWT membuat perasaan kita menjadi lebih tenang sehingga memberikan dampak positif bagi pikiran dan tubuh.

Pada banyak penelitian modern, gerakan-gerakan shalat disebut mempunyai efek yang sama dengan gerakan yoga. Gerakan-gerakan tersebut mampu memberikan efek terapi pada tubuh yang sangat bermanfaat untuk meremajakan seluruh mekanisme tubuh. Lebih jauh, gerakan shalat menenangkan hati siapapun yang menjalankannya.

"Karenanya pada saat pandemi seperti sekarang ini, jangan tinggalkan shalat. Akan lebih baik lagi jika anda juga menjalankan shalat-shalat sunah lain, seperti shalat dhuha atau shalat sunnah sebelum dan setelah shalat fardu," kata Haryo Prabowo, di Jakarta, Jumat (20/11).

Selain itu, umat Islam juga disarankan untuk banyak berzikir atau mengingat Allah SWT. Salah satunya dengan membaca dan merenungi nama-nama Allah SWT dalam asmaul husna.

Mengingat Allah SWT melalui nama-namaNya memberikan dampak ketenangan hati bagi yang menjalankannya. Hal ini termaktub dalam Surah Ar-Rad ayat 28 yang berbunyi "Orang-orang yang beriman dan hati mereka manjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram".

"Saat ini, membaca dan merenungi asmaul husna bisa dilakukan lewat ponsel pintar anda," ucap Haryo Prabowo.

Seperti yang disediakan oleh Tafsirweb.com. Situs ini menyediakan sarana pembelajaran asmaul husna beserta artinya dan tafsir Al-Qur'an secara lengkap dan praktis.

Tafsirweb menyediakan bacaan asmaul husna lengkap yakni, asmaul husna arab dan latin untuk memudahkan yang baru mulai belajar membaca Al-Qur'an. Selain itu tersedia pula jadwal shalat lengkap yang waktunya sudah disesuaikan untuk semua kota-kota di Indonesia, sehingga menjadi pengingat agar menjaga shalat tepat waktu.

"Website Tafsirweb.com memberikan akses untuk mempelajari tafsir, asmaul husna dan jadwal shalat," tutup Haryo Prabowo.

Kolom Komentar


Video

Jendela Usaha • Peluang Budidaya Ubi Jalar

Rabu, 24 Februari 2021
Video

Gunung Gede Pangrango kembali terlihat lagi dari Kota Jakarta

Rabu, 24 Februari 2021
Video

Tanya Jawab Cak Ulung • Melacak Tokoh Potensial 2024

Kamis, 25 Februari 2021

Artikel Lainnya

Rembuk Nasional Perunggasan Nasional VIII Canangkan Gerakan Makan Ayam Dan Telur
Nusantara

Rembuk Nasional Perunggasan ..

02 Maret 2021 22:39
Pandemi Belum Berakhir, Tokoh Papua Ingatkan Pentingnya Menjaga Keutuhan NKRI
Nusantara

Pandemi Belum Berakhir, Toko..

02 Maret 2021 22:27
Mahasiswa Untirta Meninggal Usai Diklat Mapala, Begini Penjelasan Kampus
Nusantara

Mahasiswa Untirta Meninggal ..

02 Maret 2021 22:11
10 Kabupaten/Kota Di Lampung Zona Oranye Covid-19
Nusantara

10 Kabupaten/Kota Di Lampung..

02 Maret 2021 21:20
KNPI Dampingi Warga Muara Kiawai Rebut Tanah Ulayat
Nusantara

KNPI Dampingi Warga Muara Ki..

02 Maret 2021 19:58
Takut Efek Samping, Pedagang Pasar Induk Rau Serang Tolak Vaksin Covid-19
Nusantara

Takut Efek Samping, Pedagang..

02 Maret 2021 19:03
Hasil Rapid Antigen Pasca Kerumunan Maumere, Tak Ada Warga Positif Covid-19
Nusantara

Hasil Rapid Antigen Pasca Ke..

02 Maret 2021 18:04
Grebek Lumpur Sampai Tambah Pompa Sudah, Kini Pemprov DKI Lanjut Normalisasi Sungai
Nusantara

Grebek Lumpur Sampai Tambah ..

02 Maret 2021 17:47