Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pengamat: Program Start Up School IPB Bisa Jadi Contoh Bagi Perguruan Tinggi Lain

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Kamis, 19 November 2020, 17:41 WIB
Pengamat: Program <i>Start Up School</i> IPB Bisa Jadi Contoh Bagi Perguruan Tinggi Lain
Institut Pertanian Bogor/Net
rmol news logo Presiden Joko Widodo dalam banyak kesempatan mengajak lembaga pendidikan tinggi di Indonesia untuk turut berperan mengembangkan sekaligus melahirkan wirausaha untuk menciptakan lapangan kerja.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Menurut pengamat pendidikan, Indra Charismiadji, amanat Presiden Jokowi salah satunya diterap Institut Pertanian Bogor (IPB).

Kata Indra, IPB merupakan salah satu kampus yang konsern mencetak lulusannya untuk menjadi wirausahawan melalui program start up school.

Indra menjelaskan, di Indonesia sekitar 65 persen dari anak-anak yang saat ini masih duduk di bangku sekolah dasar, nantinya akan bekerja pada bidang-bidang yang belum terjamah.

"Artinya anak-anak kita dituntut bukan sebagai pencari kerja tetapi pencipta kerja," ucap Indra kepada Kantor Berita RMOLJakarta, Kamis (19/11).

Menurutnya, dalam menciptakan enterpreneur bukanlah hal yang mudah. Sebab seorang enterpreneur harus memiliki kemampuan emosional, tahan banting, kontrol diri, mampu bekerja bersama tim, dan yang paling penting kepercayaan diri.

Indra menambahkan, upaya yang dilakukan IPB seharusnya menjadi contoh bagi kampus dan lembaga pendidikan lain yang ada di Indonesia.

Pasalnya, perguruan-perguruan tinggi internasional sudah mulai menerapkan program enterpreneur.

"IPB bisa menjadi contoh bagi kampus lain, pendidikan internasional sudah mulai mengarah ke enterpreuner berikut inovasi baru. Kalau tidak dari sekarang dimulai, maka bangsa ini akan semakin tertinggal," pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA