Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jokowi: Pengembangan Sektor Pangan Peluang Menjanjikan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Rabu, 18 November 2020, 23:23 WIB
Jokowi: Pengembangan Sektor Pangan Peluang Menjanjikan
Presiden Joko Widodo/Net
rmol news logo Presiden Joko Widodo mengatakan saat ini banyak negara di dunia melihat pentingnya pengembangan sektor pangan,.

Pengembangan sektor pangan bukan hanya untuk merespons kemungkinan terjadinya krisis pangan akibat adanya pandemi virus corona baru (Covid-19).

Pihaknya menambahkan, pengembangan sektor pangan juga karena kebutuhan pangan sejalan dengan melonjaknya populasi penduduk di seluruh dunia.

“Hampir setengah jumlah penduduk dunia berada di kawasan Asia. Termasuk, di tiga negara terbesar di China, di India dan di Indonesia. Situasi ini membuka peluang yang menjanjikan bagi sektor pangan, kebutuhannya sangat besar, psarnya sangat besar, dan akan terus tumbuh,” urainya.

Namun, lanjut Jokowi, pengembangan sektor pangan membutuhkan cara-cara baru yang inovatif.

Selain itu meningkatkan efisiensi proses produksi, pangan berkualitas dengan harga terjangkau, serta memperbaiki daya dukung lingkungan dan yang menyejahterakan para petani.

“Dan kita harus melompat dengan cara-cara baru, dengan skala produksi yang besar, dengan peran sentral korporasi petani, mengedepankan nilai tambah di tahap on farm maupun out farm dan berbasis teknologi moderen yang lebih efisien dan lebih produktif dan memberikan kesejahteraan yang lebih baik, pada para petani pada sektor-sektor pendukungnya,” ucapnya.

Jokowi berharap, para pengusaha yang tergabung di Kadin menjadi bagian dalam cara-cara baru seperti inovasi kolaboratif yang perlu dikembangkan.

“Terutama dalam mengembangkan kemitraan, antar pemangku kepentingan yang saling menguntungkan dari hulu sampai di hilir,” tandasnya.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA