Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Melalui Budikdamber, Sandiaga Dorong Kemandirian Pangan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Selasa, 17 November 2020, 22:52 WIB
Melalui Budikdamber, Sandiaga Dorong Kemandirian Pangan
Ketua Umum Relawan Indonesia Bersatu (RIB) Lawan Covid, Sandiaga Uno saat meninjau Rusunawa Pengadegan/Ist
rmol news logo Ketua Relawan Indonesia Bersatu (RIB) Sandiaga Uno mengatakan, gagasan urban farming dengan konsep ekosistem terpadu budi daya ikan yang terintegrasi dengan sistem produksi sayuran merupakan inovasi yang memberikan dampak besar bagi keberlangsungan hidup.

"Metode budikdamber (budidaya sayuran dan ikan dalam ember) sangat cocok diterapkan untuk meningkatkan kemandirian pangan yang dilakukan warga," kata Sandiaga Uno dalam keterangan tertulis, Selasa (17/11).

Selain manfaat ekonomi, Sandi berharap, kegiatan ini dapat menguatkan rasa kebersamaan dan menciptakan budaya gotong royong dalam lingkungan tempat tinggal melalui kelompok tani dan usaha UMKM.

"Semoga ekonomi bisa bangkit dan bisa membuka lapangan kerja seluas-luasnya, sehingga kita bisa bangkit,” harapnya.

Relawan Indonesia Bersatu sebelumnya memberikan bantuan pelatihan pengelolaan budidaya pangan dari pakar pertanian kepada Kelompok Tani Hutan Rumah Kaum Jayakarta Kecamatan Pulogadung, Jakarta Timur. Sandi berharap, masyarakat yang menerima bantuan pelatihan memiliki keahlian untuk menjalankannya secara mandiri dan berkelanjutan.

Adapun untuk mendukung keberlangsungan bank sampah yang dikelola Kelompok Tani Hutan Rumah Kaum Jayakarta, RIB memberikan bantuan mesin pencacah sampah.

Sebanyak 200 paket bantuan sosial juga diberikan kepada warga. Penerima bantuan adalah warga yang tinggal di bantaran sungai Sunter yang sebagian besar berprofesi sebagai buruh harian lepas dan tukang ojek tersebut.

"Semoga usaha kemandirian pangan hasil swadaya warga, dapat berperan dalam membangun perekonomian nasional, termasuk pengembangan usaha berbasis potensi daerah dan berorientasi pasar," pungkas Sandi. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA