Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Atasi Krisis Pangan Rumah Tangga Di Masa Pandemi, Perempuan Tani HKTI Tanam Pohon Serentak Se-Indonesia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Senin, 16 November 2020, 08:37 WIB
Atasi Krisis Pangan Rumah Tangga Di Masa Pandemi, Perempuan Tani HKTI Tanam Pohon Serentak Se-Indonesia
Ketua Umum HKTI, Jenderal TNI (Purn) Moeldoko/Net
rmol news logo Lahan kosong di pekarangan rumah mestinya bisa lebih dimanfaatkan lagi. Ketua Umum Perempuan Tani HKTI, Dian Novita Susanto, mengatakan memanfaatkan lahan kosong dan pekarangan rumah dapat mengurangi krisis pangan dalam rumah tangga, terutama pada masa pandemi Covid-9 di mana pendapatan jauh menurun.

Food and Agriculture Organization (FAO) mengingatkan seluruh negara di dunia bahwa pandemi Covid-19 ini dapat mengancam ketahanan pangan, dan memunculkan krisis pangan baru.

Data Badan Pusat Statistik (BPS) menjelaskan potensi terjadinya kenaikan harga pangan pada November-Desember 2020 juga dapat menyebabkan laju inflasi tinggi.

“Para perempuan dapat menanam sayur mayur dengan menggunakan pot, mudah dan biaya yang terjangkau dengan mendapat manfaat yang luar biasa,” ujar Dian dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi.

BPS mengingatkan potensi terjadinya kenaikan harga pangan pada November-Desember 2020  dapat menyebabkan laju inflasi tinggi. Pasokan sejumlah komoditas pangan sudah mengalami hambatan karena produksi terganggu oleh cuaca buruk.

Kenaikan harga cabai merah, bawang merah dan minyak goreng, misalnya, menjadi penyebab terjadinya inflasi pada Oktober 2020 sebesar 0,07 persen.

Untuk mendukung semangat penggunaan lahan kosong di pekarangan rumah, serta untuk mendukung pemerintah dalam program Ketahanan Pangan Rumah Tangga, Perempuan Tani Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (Perempuan Tani HKTI) akan menanam pohon secara serentak pada Rabu (18/11) mendatang.

Tanam pohon serentak secara virtual ini bekerja sama antara Perempuan Tani HKTI, Perhimpunan Ikatan Tionghoa (INTI), Kementerian Pertanian dan Telkom Indonesia. Serta diikuti oleh 10 cabang Dewan Pimpinan Provinsi, yaitu Kepulauan Riau, Riau, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera Selatan, Sulawesi Utara, dan Gorontalo.

Ketua Umum HKTI, Jenderal TNI (Purn) Moeldoko dan sejumlah pejabat lainnya, akan turut serta menyaksikan tanam pohon virtual ini.

“Kegiatan ini disaksikan oleh Bapak Moeldoko, Sekjen HKTI Bapak Bambang Budi Waluyo, Menteri PPPA I Gusti Ayu Bintang, Dirjen Hortikultura Prihasto Setyanto, Wagub Banten Andika Hazrumy, Bupati dan Walikota 8 wilayah Kabupaten Kota. Selain itu juga Ketum Perhimpunan INTI, dari Telkom Indonesia dan Bank Rakyat Indonesia,” ujar Dian. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA