Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ombudsman Jabar Banjir Aduan, Paling Banyak Soal Bansos Covid-19

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Rabu, 11 November 2020, 22:42 WIB
Ombudsman Jabar Banjir Aduan, Paling Banyak Soal Bansos Covid-19
Kepala Ombudsman Perwakilan Jabar, Haneda Sri Lastoto saat menjelaskan terkait aduan masyarakat/RMOLJabar
rmol news logo Aduan masyarakat kepada Ombudsman Perwakilan Jabar meningkat di tahun 2020. Kali ini, persoalan yang mendominasi dan banyak diadukan masyarakat Jabar terkait bantuan sosial (Bansos).

Kepala Ombudsman Perwakilan Jabar, Haneda Sri Lastoto mengungkapkan, terdapat 156 aduan masyarakat yang diterima di masa pandemi Covid-19. Banyak masyarakat yang mengaku tidak menerima bansos meski telah terdata sebagai penerima.

"Kami langsung menindaklanjuti laporan tersebut serta Ombudsman telah berkoordinasi dengan Satuan Gugus Tugas (Satgas)," ungkap Haneda seperti diberitakan Kantor Berita RMOLJabar, Rabu (11/11).

Sebelum Covid-19 menyebar di Indonesia, kata dia, peringkat pertama laporan yang diterima Ombudsman yakni terkait Pemda Provinsi maupun kabupaten/kota. Disusul laporan mengenai pihak kepolisian. Kemudian, ada terkait bidang pertanahan, pendidikan, dan laporan beragam.

"Penyelesaian di bidang BPJS, data Induk seperti KTP dan bidang pendidikan, penyelesaiannya relatif cepat dibanding isu kepolisian atau pertanahan atau layanan publik yang cukup kompleks," jelasnya.

"Khusus hari ini merujuk pada data tahun 2019, kami menerima konsultasi sekitar 986. Kemudian di 2020 ada mengalami kenaikan menjadi 1.300. Jadi ada kenaikan luar biasa," tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA