Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Gelar Aksi Di HI, Mahasiswa Minta Pahlawan Papua Dikenang Dan Otsus Dilanjutkan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widian-vebriyanto-1'>WIDIAN VEBRIYANTO</a>
LAPORAN: WIDIAN VEBRIYANTO
  • Rabu, 11 November 2020, 20:24 WIB
Gelar Aksi Di HI, Mahasiswa Minta Pahlawan Papua Dikenang Dan Otsus Dilanjutkan
Aksi mahasiswa Papua di sekitar Bundaran Hotel Indonesia/Ist
rmol news logo Memperingati Hari Pahlawan, mahasiswa asal Papua memilih untuk menggelar aksi di kawasan Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta Pusat, Rabu (11/11).

Menurut mereka, aksi tersebut sebagai bukti pengakuan mahasiswa terhadap pahlawan nasional asal Papua yang berjuang untuk memperjuangkan kedaulatan negara Indonesia dari tangan penjajah.

"Selama ini hampir tak ada kegiatan yang melibatkan mahasiswa Papua dalam memperingati Hari Pahlawan. Padahal pahlawan nasional asal Papua turut memberikan kontribusi besar terhadap negara melalui sejarah pembebasan Irian Barat ke pangkuan ibu pertiwi," kata koordinator lapangan, Ujang Rahmat Mokan dalam aksinya.

Dalam aksinya, mereka membagikan bunga sebagai sebagai refleksi diri dan mengenang jasa pahlawan nasional asal Papua seperti Frans Kaisiepo, Johanes Abraham Dimara, Silas Papare, dan Marthen Indey.

Selain itu, aksi tersebut juga untuk mendukung pemerintah pusat melanjutkan otonomi khusus Papua jilid II. Ada beberapa aspek yang perlu dipertimbangkan dalam melanjutkan otsus Papua, yakni pendidikan dan kesejahteraan.

“Aksi kami ini sebenarnya tanggal 10 November, tapi ada sesuatu hal yang akhirnya memutuskan aksi kami gelar saat ini,” lanjut Ujang.

Aksi yang diikuti sekitar 60 mahasiswa ini tak berlangsung lantaran aparat kepolisian mengimbau agar dilakukan sebentar. Massa kemudian diminta untuk menggelar aksi di pinggir trotoar dekat Wisma Nusantara.

“Pokoknya kami mendukung Otsus II dan kami sangat cinta NKRI,” tandas massa. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA