Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Anak Buah Anies Targetkan Banjir Jakarta Surut Dalam 6 Jam

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Rabu, 11 November 2020, 19:32 WIB
Anak Buah Anies Targetkan Banjir Jakarta Surut Dalam 6 Jam
Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta, Juani Yusuf/Net
rmol news logo Pemprov DKI Jakarta menargetkan genangan atau banjir di wilayah Ibukota dapat surut dalam 6 jam.

Guna merealisasikan target tersebut, Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta, Juani Yusuf telah menyiapkan beberapa hal dalam rangka penanganan banjir Jakarta.

"Jadi sebelum air datang ke sini (Jakarta), kalau dari Bogor Katulampa ke Depok 3 jam, dari Depok ke Jakarta 6 jam. Dengan waktu yang cukup, petugas bisa menginformasikan agar masyarakat di bantaran kali siap-siap bila ada kiriman banjir datang," ujar Juani saat dihubungi, Rabu (11/11).

Hal tersebut dilakukan untuk mencegah terjadinya korban jiwa dan agar masyarakat dapat bersiap jika diharuskan mengungsi.

Selama penanganan yang sudah dilakukan SDA, genangan tidak akan sampai lebih dari 6 jam bila terjadi di badan jalan. Namun bila banjir kiriman, akan memakan waktu lebih lama, apalagi bila kontur tanah rendah atau cekungan.

"Kalau di cekungan kan airnya harus dipompa, tidak bisa mengandalkan gravitasi. Itulah fungsinya kita punya pompa mobile," jelasnya.

Saat ini, sejumlah upaya untuk mencegah banjir telah di lakukan Pemprov DKI mulai dari program gerebek lumpur, optimalisasi pompa, membangun drainase vertikal, dan lubang biopori. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA