Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Nyaris Penuhi Target Pemberian Sertifikat Tanah Yang Dipatok Jokowi, Ini Kata Menteri ATR/BPN

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Senin, 09 November 2020, 22:52 WIB
Nyaris Penuhi Target Pemberian Sertifikat Tanah Yang Dipatok Jokowi, Ini Kata Menteri ATR/BPN
Menteri ATR/BPN, Sofyan Djalil/Net
rmol news logo Target pemberian sertifikat tanah yang tahun ini dipatok oleh Presiden Joko Widodo sebanyak 7 juta, nyaris dicapai Kementerian Agraria dan Tata Ruang atau Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN).

Menteri ATR/BPN, Sofyan Djalil menjelaskan, target penyerahan sertifikat yang ditetapkan untuk tahun 2020 itu, telah direalisasi sebanyak 6,5 juta bidang tanah.

Jika dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, dia mengakui target tersebut mengalami penurunan.

"Kementerian ATR/BPN telah berhasil mensertifikatkan sebanyak 5,4 juta pada tahun 2017, sebanyak 9,3 juta pada tahun 2018, dan sebanyak 11,2 juta pada Tahun 2019," ujar Sofyan saat memberikan keterangan pers di kanal Youtube Sekretariat Presiden, Senin (9/11).

Sofyan mengungkapkan, faktor turunnya target pemberian sertifikat tanah tahun ini disebabkan pandemi Covid-19 yang masih mewabah di Indonesia hingga hari ini.

"Karena pandemi dan refocusing anggaran, target PTSL 2020 menjadi 7.370.510 bidang dan pada saat ini telah terealisasi sebanyak 6,5 juta bidang," tuturnya.

Namun begitu, Kementerian ATR/BPN akan berupaya untuk melakukan percepatan transformasi digital untuk semakin mempercepat pengurusan sertifikat hak atas tanah, dan memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat.

"Sesuai dengan arahan bapak presiden, dalam rangka percepatan transformasi digital, Kementiar ATR telah melaksanakan percepatan digitalisasi data pertanahan dan tata ruang," ungkapnya.

"Pada saat ini, kementerian ATR telah melaksanakan 4 layanan elektronik, pengecekan sertifikat tanah, hak tanggungan elektronik, roya dan Informasi zona nilai tanah," demikian Sofyan Djalil. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA