Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jokowi Pastikan Semua Tanah Untuk Rumah Ibadah Sudah Bersertifikat Pada 2025

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Senin, 09 November 2020, 20:55 WIB
Jokowi Pastikan Semua Tanah Untuk Rumah Ibadah Sudah Bersertifikat Pada 2025
Presiden Joko Widodo/Net
rmol news logo Presiden Joko Widodo memastikan, tahun 2025 seluruh tanah untuk mendirikan rumah ibadah sudah memiliki sertifikat.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Hal itu disampaikan Jokowi saat memberikan 1 juta sertifikat tanah untuk masyarakat di 201 kabupaten/ kota di 31 provinsi, yang digelar virtual di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Senin (9/11).

"Target kita itu di 2025 seluruh bidang tanah di Indonesia ini harus sudah bersertifikat. Insya Allah sudah bersertifikat. Enggak ada lagi orang punya tanah enggak punya sertifikat. harus 2025," ujar Jokowi.

"Termasuk sertifikat untuk tempat beribadah. Semuanya harus. Entah untuk masjid, entah untuk gereja, entah untuk pura, semuanya harus sudah bersertifikat," sambungnya.

Jokowi menyampaikan alasannya menetapkan target tersebut, karena saat kunjungan kerja ke berbagai daerah dia kerap mendapat laporan dari masyarakat desa yang tanahnya belum punya sertifikat.

"Sehingga di lapangan banyak sengketa tanah, banyak konflik tanah. Kenapa ini enggak diurus, sertifikat ini enggak diurus? Yang masuk ke saya, yang masuk ke telinga saya bilang ngurus sertifikat tanah itu susahnya minta ampun," ungkapnya.

Namun, mantan Wali Kota Solo ini memastikan, sekarang ini pengurusan sertifikat tanah tidak lagi sulit. Sebab, dia mengaku sudah meminta Kementerian Agraria dan Tata Ruang atau Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) untuk bisa lebih cepat dan mempermudah prosesnya.

"Oleh sebab itu, saat itu saya perintah kepada menteri BPN bahwa untuk ngurus sertifikat gimana caranya agar cepat selesai, agar dimudahkan, jangan sampai bertahun-tahun. Bapak ibu ngalamin ndak? Sekarang ndak ya. Yang dulu-duu ngalamin, saya (juga) ngalamin," demikian Joko Widodo. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA