Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

IKA Unpad Dukung Pengembangan Pariwisata Kabupaten Garut

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Senin, 09 November 2020, 18:46 WIB
IKA Unpad Dukung Pengembangan Pariwisata Kabupaten Garut
Ketua IKA Unpad, Irawati Hermawan saat menemui Bupati Garut, Rudi Gunawan, pada September lalu/Istimewa
rmol news logo Kabupaten Garut kembali dikunjungi Ketua Umum Ikatan Alumni (IKA) Universitas Padjadajaran (Unpad), Irawati Hermawan, Senin (9/11).

Seperti kunjungan pertamanya usai dilantik sebagai Ketum IKA Unpad pada September lalu, Irawati pun kembali menemui Bupati Garut, Rudi Gunawan, yang merupakan Ketua Komisariat IKA Unpda Daerah Kabupaten Garut.

Bedanya, kali ini Ira tidak datang sendiri. Melainkan membawa serta Andi Bachtiar Yusuf yang menjabat Ketua Bidang Pariwisata dan Ekonomi Kreatif IKA Unpad.

Kedatangan rombongan pimpinan Teh Ira, sapaan Irawati, kali ini adalah untuk mem-follow up kerjasama antara IKA Unpad dengan Kabupaten Garut terkait dukungan IKA Unpad untuk memajukan pariwisata di wilayah tersebut.

Menurut Andi Bachtiar Yusuf yang merupakan sutradara dan produser film ternama di Indonesia, Garut dipilih karena memiliki potensi pariwisata alam dan budaya yang luar biasa.

Selain itu, Garut memiliki garis pantai yang cukup panjang, dan memiliki budaya yang unik seperti adu domba, adu anjing, dan adu celeng.

Ada dua poin utama dalam pembahasan kerjasama kali ini. Yaitu Pengelolaan Desa Wisata dan Pengelolaan Travel Business Management.

Nantinya, akan ada sekitar 150 Desa Wisata yang akan digarap melalui Program Pengelolaan Desa Wisata.

Dalam pembahasan kali ini, dicermati pula sejumlah kendala yang ada terkait upaya pengembangan pariwisata di Kabupaten Garut. Terutama terkait langsung dengan keterbatasan Sumber Daya Manusia.

Kerjasama ini dinilai bakal menunjang program pengembangan wisata yang telah dimiliki Pemkab Garut yaitu Program Masyarakat Sadar Wisata (Masata).

Diharapkan, kerjasama antara IKA Unpad dan Pemkab Garut, bisa meningkatkan nilai ekonomi pariwisata Kabupaten Garut dan tentunya meningkatkan perekonomian masyarakat Garut. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA