Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dukung Wisata Aman Bencana, BNPB Tempatkan Helikopter Dan Kapal Cepat Di Labuan Bajo

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Minggu, 08 November 2020, 19:35 WIB
Dukung Wisata Aman Bencana, BNPB Tempatkan Helikopter Dan Kapal Cepat Di Labuan Bajo
Bantuan transportasi udara BNPB untuk wisata aman bencana Labuan Bajo/Ist
rmol news logo Program Wisata Aman Bencana Labuan Bajo menggunakan armada udara dan laut diyakini akan memperkuat kesiapsiagaan dan respons dalam menyikapi situasi krisis maupun bencana.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Sebagai bentuk dukungan, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah menempatkan 1 unit helikopter dan 1 kapal cepat Sea Rider di Labuan Bajo.

Kepala BNPB Doni Monardo mengatakan, bantuan tersebut merupakan perhatian pemerintah pusat atas kelancaran dan keamanan wisata prioritas di kawasan Labuan Bajo. Selain itu juga untuk mendukung penanggulangan bencana di kawasan Kabupaten Manggarai Barat dan kawasan Provinsi Nusa Tenggara Timur.

“Dalam pelaksanaanya kapal cepat Sea Rider tersebut diserahterimakan ke Basarnas daerah operasi Labuan Bajo dan helikopter diserahkan di bawah kendali Bupati c/q BPBD Kabupaten Manggarai Barat,” ujar Doni dalam siaran persnya, Minggu (8/11).

Sementara itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Manggarai Barat menyambut baik dukungan BNPB. Armada helikopter memberikan akses cepat yang mampu menjangkau wilayah-wilayah kepulauan, seperti pelayanan medis hingga pengiriman logistik di daerah yang terisolasi.

"Ini helikopter sangat membantu sekali. Respons kabupaten-kabupaten se-NTT sangat positif karena kami lakukan kegiatan lintas kabupaten se-NTT,” ujar salah satu tim BPBD Kabupaten Manggarai Barat, Hans Mboeik.

Dengan bantuan tersebut, sejumlah daerah terisolasi pun diharapkan bisa mendapatkan pelayanan medis dan logistik yang selama ini menjadi kendala.

Dalam masa pandemi Covid-19, helikopter tersebut juga digunakan untuk kegiatan pengangkutan sampel swab dan alat kesehatan yang berkaitan dengan program kerja BNPB dan BPBD. Diharapkan tambahan kendaraan Sea Rider Boat bisa memaksimalkan penanggulangan bencana dan kegiatan lain untuk menunjang wisata aman bencana. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA