Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sambangi Pabrik Mobil Listrik Di Bekasi, Luhut: Bawa Indonesia Menjadi Negara Ramah Lingkungan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Jumat, 06 November 2020, 16:10 WIB
Sambangi Pabrik Mobil Listrik Di Bekasi, Luhut: Bawa Indonesia Menjadi Negara Ramah Lingkungan
Menko Marves, Luhut B. Pandjaitan/Net
rmol news logo Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut B. Pandjaitan mengunjungi pabrik mobil listrik Hyundai di kawasan Sukamukti, Bekasi, Jawa Barat, Jumat (6/11).

Pabrik tersebut merupakan salah satu bentuk implementasi komitmen investasi Hyundai untuk mengembangkan mobil listrik yang telah ditandatangani di Korea Selatan pada 26 November 2019.

Di sela-sela kunjungannya, Menko Luhut menyampaikan apresiasinya atas proyek Hyundai yang mampu beroperasi serta cermat dalam menjaga protokol operasional pabrik meskipun di tengah situasi yang menantang seperti saat ini.

"Kami mengapresiasi upaya Hyundai untuk terus melanjutkan pembangunan pabrik Hyundai agar perkembangannya berjalan dengan baik," ucap Luhut di lokasi.

Menko dua periode ini menambahkan pemerintah Indonesia saat ini menargetkan untuk mempercepat pertumbuhan industri EV (electric vehicle) dan berharap Hyundai dapat menjadi bagian dari misi penting ini.

"Ke depannya kami berharap akan ada kerjasama antara pemerintah Indonesia dan Korea untuk bersama-sama mengawal pengembangan pabrik ini hingga siap berproduksi. Kami juga berharap Indonesia menjadi salah satu pasar EV utama di ASEAN untuk ke depannya," bebernya.

Komitmen investasi Hyundai tersebut, kata Luhut, sejalan dengan tekad pemerintah Indonesia untuk terus mengembangkan teknologi transportasi yang ramah lingkungan.

"Membanggakan, membawa Indonesia menjadi negara yang makin ramah terhadap lingkungan," tulis Menko Luhut di plakat yang ditandatanganinya bersama Dubes Korea Park Tae-Sung sesaat sebelum berkeliling pabrik.

Lebih jauh, Menko Luhut menuturkan bahwa pabrik Hyundai di Indonesia tidak hanya akan menarik pasar domestik Indonesia, namun juga pasar kendaraan listrik di Asia Tenggara, Afrika, Timur Tengah dan negara-negara lain yang Indonesia telah memiliki perjanjian perdagangan bebas serta kesepakatan perdagangan.

Dalam kunjungan tersebut Menko Luhut didampingi oleh Dubes Korea Park Tae-Sung, Presiden Divisi Perencanaan Strategis Hyundai Motor Hyundai Motor Group Young Woon Kong, Presiden Hyundai Motor untuk Kawasan Asia Pasifik Lee Youngtack, Presiden Direktur PT Hyundai Manufacturing serta beberapa pejabat dari Kemenko Marves. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA