Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

PILGUB SULUT

Tampil Perkasa Saat Debat, Olly-Steven Ingin Sulut Tambah Hebat Di Kawasan Pasifik

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Jumat, 06 November 2020, 09:35 WIB
Tampil Perkasa Saat Debat, Olly-Steven Ingin Sulut Tambah Hebat Di Kawasan Pasifik
Pasangan calon Olly Dondokambey-Steven Kandouw saat mengikuti debat/Net
rmol news logo Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey-Steven Kandouw sangat menguasai materi debat perdana Pilgub Sulut 2020, Kamis (5/11).

Debat tersebut mengangkat topik "Kesehatan Masyarakat, Pencegahan Bencana Alam, Pengembangan Wilayah, Infrastruktur Daerah dan Penanganan Covid-19".

Ketika menyampaikan pengantar visi dan misi, Olly menegaskan, visi pembangunan yang dilakukan untuk Sulut yakni bersinergi dengan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Maruf Amin. Tujuan utamanya yakni menjadikan Sulut sebagai etalase Indonesia di kawasan pasifik.

"Ke depan, kita bangun human capital sebagai modal bersaing di era perdagangan bebas, sekaligus mengembangkan karakter manusia yang unggul dan beriman diantaranya dengan membangun Islamic Centre, Christian Centre dan pusat pendidikan agama lainnya," kata Olly dalam keterangan persnya, Jumat (6/11).

Olly juga menegaskan komitmennya untuk mendorong sektor pertanian dan perikanan, menggalakkan pasar ekspor, dengan direct-call trading ke Narita Jepang dan mempercepat KEK Pariwisata Likupang, termasuk sumber daya manusianya melalui pembangunan akademi dan SMK Pariwisata.

"Kita kembangkan KEK Bitung, bangun kawasan industri di Bolmong sebagai pusat pertumbuhan baru. Totabuan harus jadi lumbung pangan di Indonesia Timur sehingga kita percepat penyelesaian Bendungan Lolak. Nusa Utara sebagai Pusat Industri Maritim, dan Minahasa Raya sebagai etalase agrokompleks, perdagangan dan jasa, serta pariwisata," kata Olly.

Pihaknya juga akan mempercepat konektivitas wilayah melalui perluasan bandara, tol Manado-Bitung, tol Airmadidi-Amurang, jalan Lingkar Manado, dan Trans Sulawesi. Selain itu juga mempercepat bendungan Kuwil dan Sawangan untuk pengendalian banjir dan penyedia air baku. Demikian halnya pembangunan fasilitas rumah sakit, pembangkit listrik, pelabuhan laut di pulau-pulau, serta pengembangan energi terbarukan.

"Di bidang telekomunikasi, kita manfaatkan jejaring pemersatu NKRI Palapa Ring yang tersambung ke Pacific Ring, sebagai internet tercepat dan pusat pengembangan teknologi layanan digital. Mari bersama Olly dan Steven, solid bergerak mewujudkan mimpi Sam Ratulangi, Sulawesi Utara yang tambah hebat di kawasan Pasifik," ujar Olly.

Pada debat yang membahas topik tentang kesehatan masyarakat, pencegahan bencana alam, pengembangan wilayah, infrastruktur daerah serta penanganan Covid-19 itu pasangan Olly-Steven tampil percaya diri. Olly-Steven terlihat lebih menguasai bidang yang dibahas dibanding pasangan lain.

Sementara itu pada sesi tanya jawab, terkait penanganan Covid-19, Olly mampu memberikan penjelasan yang komprehensif. "Kami bukan baru rencana. Sejak Maret kami sudah lakukan, dan Sulut termasuk yang tercepat dalam antisipasi penanganan Covid-19 dengan memasifkan 3T yakni testing (spesimen), tracing (penelusuran), dan treatment (perawatan)," ungkapnya.

Pada saat menyampaikan pernyataan penutup, Steven menyampaikan dengan bernas pernyataan dan kutipan yang memiliki makna dalam. "Ada ungkapan seorang bijak, 'If you wanna change the world, start off by making your bed'. Artinya, bila Anda ingin mengubah dunia, mulailah dari menata tempat tidurmu," katanya.

Dia kemudian melanjutkan, "Seperti nasihat Bijak dalam Lukas 16:10, Barang siapa setia pada perkara-perkara kecil, ia setia juga dalam perkara besar, dan barang siapa tidak benar dalam perkara-perkara kecil, ia tidak benar dalam perkara-perkara besar".

Sementara itu, kepemimpinan Sulut ke depan, lanjut Steven, adalah kepemimpinan yang memberi teladan.

"Saya mengajak kita semua untuk segera melanjutkan perjuangan kita, dengan pertolongan Tuhan, bersama Olly-Steven kita pastikan Sulut tambah hebat di kawasan Pasifik. Kalau mau sejahtera, kalau mau pembangunan maju pesat, kalau mau infrastruktur mantap, kalau mau lapangan kerja terbuka lebar, kalau mau Sulut tambah hebat, pilih Olly-Steven," tegasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA