Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Minahasa Dan Kutai Barat Rayakan Hari Jadi, LaNyalla Doakan Kemajuan Bagi Keduanya

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Kamis, 05 November 2020, 18:42 WIB
Minahasa Dan Kutai Barat Rayakan Hari Jadi, LaNyalla Doakan Kemajuan Bagi Keduanya
Ilustrasi Kabupaten Minahasa/Repro
rmol news logo Angka 592 jelas tidak bisa dibilang muda bagi usia sebuah kabupaten. Dan itulah angka yang tepat hari ini diraih Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Ya, hari ini, Kamis 5 November 2020, kabupaten yang memiliki luas wilayah 4.626 km² tersebut merayakan hari jadi ke-592. Dengan luas wilayah yang mencapai 7,89% dari total luas Provinsi Sulawesi Utara, Minahasa punya banyak potensi yang bisa terus dikembangan.

Seperti sektor pariwisata di sekitar Danau Tondano, Pantai Timur, dan Pantai Barat. Serta peningkatan usaha pertanian, perkebunan, dan perikanan.

Burung Manguni yang terdapat dalam lambang Kabupaten Minahasa pun menyiratkan potensi yang dimiliki wilayah tersebut. Seperti terlihat di bagian dada yang tergambar lambang pohon kelapa yang merupakan komoditi Minahasa sejak dahulu, hingga kini mencapai usai 592 tahun.

Selain itu, dalam gambar Burung Manguni tersebut terdapat 17 helai bulu sayap serta 5 helai ekor yang menandakan angka proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila.

Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, pun ikut mengucapkan selamat ulang tahun bagi Kabupaten Minahasa.

"Dirgahayu Kabupaten Minahasa ke-592. Lestari sejarahnya, maju daerahnya," ucap LaNyalla, Kamis (5/11).

Doa LaNyalla ini mendukung motto Kabupaten Minahasa "Siap dengan tekad bekerja keras demi pembangunan". Untuk terus memotivasi masyarakat di daerah tersebut agar terus kuat dan maju.

Tak hanya Kabupaten Minahasa, ternyata hari ini juga tercatat sebagai hari jadi Kabupaten Kutai Barat, Kalimantan Timur.

Bedanya tentu dari segi usia. Jika Kabupaten Minahasa telah lebih dari 5 abad, Kutai Baru baru berumur 21 tahun pada 5 November ini.

Nah, jika Kabupaten Minahasa menjadikan Burung Manguni sebagai maskot, Kabupaten Kutai Barat memilih Macan Dahan. Hewan bernama latin Neofelis diardi ini sudah termasuk hewan langka yang dilindungi dunia.

Sejarah mencatat, Kabupaten Kutai Barat telah lama terbentuk. Sebab di Barong Tongkok pernah dibentuk Kewedanaan pada 5 November 1952. Kemudian pada 1964 menjadi penghubung Bupati dari Tenggarong di Barong Tongkok.

Namun, setelah 4 Oktober 1999, seiring lahirnya Undang-undang No 47 yang menyatakan dibentuknya Kabupaten Kutai Barat oleh Menteri Dalam Negeri dan Otonomi Daerah. Kini, Kabupaten Kutai Barat telah mencapai usia ke-21 tahun.

"Dirgahayu Kabupaten Kutai Barat, Tanah Purai Ngeriman. Doa Saya Kutai Barat terus maju, sejahtera, menjadi kabupaten percontohan Nasional," ucap LaNyalla. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA