Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Survei Charta Politika: Masyarakat Manado Jagokan Olly-Steven, Unggul 58,7 Persen

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Selasa, 03 November 2020, 17:32 WIB
Survei Charta Politika: Masyarakat Manado Jagokan Olly-Steven, Unggul 58,7 Persen
Olly Dondokambey-Steven Kandouw sepedaan saat hendak daftar ke KPU Sulut/Net
rmol news logo Lembaga survei Charta Politika Indonesia menemukan beberapa temuan menarik terkait Pilgub Sulawesi Utara 2020 di Kota Manado.

Direktur Eksekutif Charta Politika Indonesia, Yunarto Wijaya mengatakan, pasangan petahana Olly Dondokambey-Steven Kandouw unggul di Manado dengan tingkat keterpilihan 58,7 persen cukup jauh berada di atas pesaingnya.

Pasangan Christiany Eugenia Paruntu-Sehan Salim Landjar (16,5 persen), dan Vonnie Anneke Panambunan-Hendry Corneles Mamengko Runtuwene (13,7 persen).

"Sementara sebanyak 11,2 persen responden menyatakan tidak tahu atau tidak jawab alias undecided voters," ujar Yunarto Wijaya, Selasa (3/11).

Secara lebih terperinci, pasangan Olly Dondokambey-Steven Kandouw terlihat unggul di kecamatan Bunaken, Malalayang, Manget, Sario, Tikala, Wanea dan Wenang. Sementara Christiany Eugenia Paruntu-Sehan Salim Landjar terlihat mengimbangi di kecamatan Bunaken Kepulauan dan Singkil.

"Sedangkan Vonnie Anneke Panambunan-Hendry Corneles Mamengko Runtuwene mengimbangi Christiany Eugenia Paruntu-Sehan Salim Landjar di kecamatan Paal Dua dan Tuminting," ujar Yunarto.

Olly Dondokambey-Steven Kandouw unggul mendominasi pemilih laki-laki dan perempuan di Kota Manado. Sementara Christiany Eugenia Paruntu-Sehan Salim Landjar dan Vonnie Anneke Panambunan-Hendry Corneles Mamengko Runtuwene cukup bersaing pada pemilih laki-laki dan perempuan.
 
Dari segi usia, pasangan Olly Dondokambey-Steven Kandouw juga mengungguli Christiany Eugenia Paruntu-Sehan Salim Landjar dan Vonnie Anneke Panambunan-Hendry Corneles Mamengko Runtuwene, dengan dukungan tertinggi dari pemilih usia 17-20 tahun dan pemilih usia 36-50 tahun.

Charta Politika Indonesia menyelenggarakan survei preferensi politik masyarakat di Kota Manado menjelang Pilgub Sulut. Pengumpulan data dilakukan pada 12-17 Oktober 2020 melalui wawancara tatap muka dengan menggunakan kuesioner terstruktur.

Jumlah sampel sebanyak 600 responden yang tersebar di 11 kecamatan yang ada di Kota Manado. Survei ini menggunakan metode acak bertingkat (multistage random sampling) dengan margin of error ±4 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA