Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Terbitkan Buku Saku Adaptasi Kebiasaan Baru, Doni Monardo: Saya Mengajak Semua Bersatu Melawan Covid-19

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Selasa, 03 November 2020, 13:21 WIB
Terbitkan Buku Saku Adaptasi Kebiasaan Baru, Doni Monardo: Saya Mengajak Semua Bersatu Melawan Covid-19
Cover buku saku adaptasi kebiasaaan baru/Repro
rmol news logo Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 kembali menerbitkan satu buku pedoman untuk masyarakat bisa terhindar dari bahaya Covid-19.

Buku yang diterbitkan kali ini berjudul "Buku saku Adaptasi Kebiasaan Baru" dengan isi bahasan mengenai panduan masyarakat agar bisa tetap beraktivitas tapi aman dari infeksi Covid-19.

Buku bertebal 56 halaman ini memiliki 4 bab pembahasan yang terdiri dari bab sekilas tentang Covid-19, bab bagaimana mencegah Covid-19, bab Masyarakat tangguh Covid-19 dan bab penutup.

Ketua Satgas Penanganan Covid-19, Letjen TNI Doni Monardo menjelaskan, pandemi Covid-19 telah membuat perubahan besar dan menciptakan ketidakpastian dalam semua segi dan sudut kehidupan masyarakat.

"Walaupun ancaman ini tidak terlihat secara kasat mata tetapi memberikan dampak yang signifikan bagi masyarakat dari sisi kesehatan, sosial dan ekonomi," ujar Doni sebagaimana yang dikutip dari dalam buku saku ini, Selasa (3/11).

Menurut Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) itu, masyarakat tidak bisa menunggu pengadaan vaksin untuk bisa kembali beraktivitas secara normal.

"Oleh karena itu, dalam menjalankan aktifitas sehari-hari, masyarakat harus disiplin untuk mematuhi protokol kesehatan sehingga penyebaran pandemi Covid-19 dapat dicegah," ungkapnya.

Upaya taat protokol Covid-19, dijelaskan Doni Monardo, harus dilakukan secara kumulatif oleh masyarakat. Sehingga diperlukan upaya kolaborasi pentahelix melalui edukasi, mitigasi, dan sosialiasi.

"Untuk yang sehat tetap sehat dan yang sakit harus sehat, dan memutus rantai penyebaran virus. Buku saku ini memberikan pedoman kepada masyarakat untuk tetap dapat beraktivitas di tatanan adaptasi kebiasaan baru menuju masyarakat produktif dan aman Covid-19," paparnya.

Lebih lanjut, Doni Monardo menyebutkan salah satu cara atau pedoman untuk masyarakat agar bisa beraktivitas dimasa pandemi ini. Yaitu dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat dan melaksanakan 4 sehat 5 sempurna, yaitu gunakan masker; jaga jarak; rajin cuci tangan; olahraga, tidur teratur dan cukup, serta tidak panik; dan makan makanan yang bernutrisi.

"Dalam kesempatan ini Saya mengajak seluruh komponen masyarakat untuk bersama bersatu melawan Covid-19 dengan mengimplementasikan Buku Saku Pencegahan Masyarakat Produktif dan Aman Covid-19," himbaunya.

"Semoga buku saku ini dapat mendorong percepatan penanganan pandemi Covid-19 untuk menjadikan Indonesia Tangguh Bencana Covid-19," demikian Doni Monardo. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA