Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pjs Gubernur Kepri Minta Dubes Malaysia Buka Perbatasan Antara Negara

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Senin, 02 November 2020, 18:55 WIB
Pjs Gubernur Kepri Minta Dubes Malaysia Buka Perbatasan Antara Negara
Peta perbatasan Indonesia-Malaysia/Net
rmol news logo Pejabat Sementara (Pjs) Gubernur Kepri, Bahtiar Baharudin melakukan lobi ke Kedutaan Besar (Dubes) Malaysia di Jakarta, Senin (2/10).

Kepada Dubes Malaysia, Datuk Zainal Abu Bakar, Bahtiar meminta diskresi supaya akses perbatasan antara Malaysia dengan Provinsi Kepri segera dibuka.

“Provinsi Kepri berbatasan dengan Malaysia dan Singapura, disebabkan pandemi Covid-19 hubungan sosial dan budaya negara menjadi terganggu,” ujar Bahtiar Baharuddin kepada Kantor Berita Politik RMOL, Senin (2/11).

Bahtiar menjelaskan tugasnya sebagai Pjs Gubernur adalah menyampaikan aspirasi masyarakat Provinsi Kepri.

Alasannya, karena antara Provinsi Kepri dengan Malaysia masih serumpun dan masyarakatnya memiliki hubungan kekerabatan pertalian darah.

Namun karena ditutupnya akses antar negara, menyebabkan hubungan keluarga menjadi terkendala.

Pihaknya menyampaikan apresiasi ke Kementerian Luar Negeri (Kemenlun) yang sudah memfasilitasi pertemuan hari ini Senin (2/11) di Jakarta.

“Bagaimana kedepannya perlu perhatian dari pemerintah Malaysia, karena pandemi ini menyebabkan sosial budaya menjadi terputus,” jelasnya.

Kepulauan Riau Indonesia, Johor Malaysia dan Singapura adalah satu kawasan yang tersambung berbatasan langsung dan saling interaksi secara ekonomi, sosial dan budaya.

“Ibaratnya seperi Depok wilayah Prov Jabar, Tangerang Selatan Wilayah Provinsi Banten dan Jaksel Wilayah Prov DKI. Ketiga daerah tersebut akan sangat bermasalah jika ditutup aksesnya. Bedanya ini adalah pulau-pulau yang didiami penduduk dengan negara yang berbeda,” ucapnya.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA