Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Warga Aceh Di Turki Galang Bantuan Untuk Korban Gempa

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Minggu, 01 November 2020, 04:24 WIB
Warga Aceh Di Turki Galang Bantuan Untuk Korban Gempa
Ilustrasi gempa di Turki/Net
rmol news logo Kesedihan akibat gempa besar yang melanda Turki ikut dirasakan warga Aceh yang bermukim di negara tersebut. Karena itu, warga Aceh yang ada di Turki coba menggalang bantuan bagi warga Turki yang jadi korban gempa.

Tuha Peut Ikatan Masyarakat Aceh Turki (Ikamat), Taufiq Kurniawan mengatakan, paguyuban masyarakat Aceh di Turki itu siap menerima donasi dari berbagai kalangan yang ingin membantu meringankan beban korban gempa bumi dan tsunami di Turki.

“Tapi kami hanya menerima dalam bentuk uang,” kata Taufiq kepada Kantor Berita RMOLAceh, Sabtu (31/10).

Saat ini, lanjut Taufiq, penyintas gempa bumi dan tsunami membutuhkan bahan makanan. Uang yang terkumpul nanti akan diserahkan kepada lembaga swadaya masyarakat di bidang kemanusiaan di Turki agar dapat membantu warga yang membutuhkan bantuan.

Gempa bumi yang terjadi di Turki kemarin membuat sejumlah orang dan komunitas untuk menggalang dana demi membantu kaum warga di sana. Di Turki, Ikamat membentuk lembaga Waqaf Aceh Turki. Badan inilah yang akan membuka rekening donasi.

Saat ini, jelas Taufiq, mereka sedang mempersiapkan poster lengkap dengan nomor rekening bank dan nomor telepon untuk mereka ingin bersedekah.

Jumat sore waktu setempat, gempa bumi mengguncang Turki dan Yunani. Salah satu kota yang merasakan dampak terparah adalah Izmir. Ini adalah kota terbesar ketiga di Turki. Jarak Izmir dari Istanbul adalah 479 kilometer.

Di sini terdapat empat atau lima orang mahasiswa Aceh. Di sini juga menetap sekitar 90 warga negara Indonesia yang bekerja di sektor swasta.

“Alhamdulillah kondisi di teman-teman di Izmir dalam keadaan baik dan sehat,” kata Muhamad Haykal, Ketua Ikamat.

Haykal mengatakan, tidak ada warga Aceh yang menjadi korban bencana ganda, gempa bumi dan tsunami, di Turki. Dia juga mengatakan Kedutaan Besar Republik Indonesia di Ankara segera mengirimkan panduan kepada warga negara Indonesia sebagai antisipasi setelah bencana tersebut. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA