Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Gema Cita Apresiasi Anies Baswedan Bawa Jakarta Sebagai Kota Terbaik di Dunia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Sabtu, 31 Oktober 2020, 17:36 WIB
Gema Cita Apresiasi Anies Baswedan Bawa Jakarta Sebagai Kota Terbaik di Dunia
Gubernur Jakarta, Anies Baswedan/Net
rmol news logo Terpilihnya DKI Jakarta sebagai kota terbaik di dunia dalam Sustainable Transport Award (STA) 2021 dihujani apresiasi dari berbagai kalangan.

Salah satu apresiasi itu datang dari Gerakan Masyarakat Cinta Jakarta (Gema Cita) yang memberikan apresiasi atas torehan prestasi membanggakan dibawah kepemimpinan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Sekretaris Jenderal Gerakan Masyarakat Cinta Jakarta (Gema Cita), Hilman Firmansyah mengatakan penghargaan tersebut diberikan semata-mata karena kemajuan di sistem transportasi publik dan mobilitas di kota Jakarta.

Kemenangan yang diumumkan pada acara Mobilize Virtual Summit 2020 itu merupakan kemenangan Jakarta yang kedua.

"Jakarta terus berinovasi dan berhasil mengalahkan puluhan kota besar dunia, seperti Auckland, Bogota, Buenos Aires, Charlotte, Frankfurt, Moscow, San Francisco dan Sao Paulo," ujar Hilman dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu (31/10).

Diketahui, Sustainable Transport Award (STA) adalah ajang penghargaan tahunan yang menilai perbaikan mobilitas kota dan inovasi sistem transportasi.

Dalam STA, visi, konsep dan eksekusi yang dijalankan setiap kota dinilai oleh komite juri yang terdiri dari lembaga-lembaga global seperti Institute for Transportation and Development Policy (ITDP), Bank Dunia, International Council for Local Environmental Initiatives (ICLEI), dll.

"Dalam setahun terakhir jajaran Pemprov DKI, BUMD dan para pemangku kepentingan transportasi Jakarta dinilai berhasil menghadirkan berbagai inovasi untuk meningkatkan mutu transportasi di Jakarta," kata Hilman. 

Mulai dari perluasan jalur dan penambahan fasilitas sepeda, revitalisasi halte dan trotoar, penataan fasilitas pejalan kaki di kampung-kampung, dan integrasi berbagai moda transportasi publik.

Ditambahkan Hilman, STA 2021 ini merupakan kemenangan seluruh warga Jakarta, tak lepas dari kolaborasi dengan warga, pegiat transportasi untuk desain wayfinding, inovasi bus listrik, dan mikrotrans AC. Pasalnya, peningkatan pesat jumlah pengguna transportasi publik Jakarta bahkan sempat mencapai rekor baru 1 juta pelanggan harian TransJakarta pada Februari lalu sebelum pandemi.

"Pandemi tahun ini memang memaksa kita beradaptasi, dengan pembatasan kapasitas transportasi publik dan protokol kesehatan ketat. Tapi positifnya pada saat pandemi ini, pesepeda di kota Jakarta justru meningkat pesat," tuturnya.

Lebih lanjut, Hilman mendorong seluruh warga DKI Jakarta untuk mendukung langkah kedepan kinerja Gubernur DKI atas pencapaian penghargaan yang diakui dunia.

"Selamat untuk warga Jakarta dan Kerja keras Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan atas penghargaan kota terbaik di dunia dalam Sustainable Tranport Award 2021," tutupnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA