Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Peresmian Graha HMI Bandung Menandai Dibukanya Pusat Kreativitas Produk Halal Dan Inkubasi Bisnis

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Jumat, 30 Oktober 2020, 15:41 WIB
Peresmian Graha HMI Bandung Menandai Dibukanya Pusat Kreativitas Produk Halal Dan Inkubasi Bisnis
Peresmian Graha HMI disertai penandatangan MoU antara YAHMI dengan AFPI dan IHLC/Istimewa
rmol news logo YAHMI mengajak seluruh kader HMI dan alumni HMI untuk melakukan transformasi digital. Harus merombak pola pikir dan cara kerja kader HMI yang konvensional menjadi semakin digital. Caranya dengan mendorong sebanyak mungkin digital initiatives/i> di Himpunan ini.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Demikian petikan sambutan Ketua Umum Yayasan Harapan Mukhlisin Indonesia (YAHMI), Berliana Kartakusumah, dalam peresmian Masjid & Graha HMI Bandung, Jumat pagi (30/10).

Acara peresmian yang dihadiri oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan sejumlah tokoh HMI seperti Ir Akbar Tanjung, Prof Moermahadi Soerja Djanegara, Umi Cia Malik Zein, Happy Bone Zulkarnain, KH Miftah Faridl, Ferry Mursyidan Baldan, dan Ketua Panitia pembangunan Amri Zaman serta sejumlah alumni dan kader HMI, digelar dengan mematuhi protokol kesehatan secara ketat.

Bersamaan dengan peresmian ini, YAHMI menandatangani MoU dengan 2 lembaga ternama, yakni AFPI (Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia) dan IHLC (Indonesia Halal Lifestyle Center). Penandatanganan MoU ini dilakukan Ketua YAHMI Berliana Kartakusumah bersama Chairman IHLC Dr. Sapta Nirwandar dan Direktur Eksekutif AFPI Kuseryansyah.

Dalam kerangka kerjasama dengan kedua lembaga ini, YAHMI berkomitmen agar Graha HMI Bandung diarahkan sebagai tempat untuk mendidik dan memfasilitasi kader HMI masuk ke dunia digital. Pada gilirannya, Graha HMI Bandung akan mewadahi kader HMI yang tertarik terjun menjadi pelaku industri kreatif produk halal untuk diinkubasi serta menjadi sarana komunikasi antar pelaku industry kreatif di Bandung.

“Graha HMI Bandung akan menginkubasi startup kader HMI pelaku industri kreatif produk halal. Ke depan, Graha HMI Bandung akan menjadi Silicon Valley-nya Bandung, atau rumah bagi kader HMI yang terjun di banyak industri teknologi digital,” tegas Kang Ber, panggilan akrab Berliana, yang disambut tepuk tangan para hadirin.

Sementara itu, dalam sambutannya Ridwan Kamil menyatakan kekaguman dan apresiasi atas peran dan kontribusi kader-kader HMI maupun alumni HMI bagi umat, bangsa dan negara.

"Saya sering menerima masukan positif dari kader-kader HMI maupun alumni HMI, yang disampaikan secara informal. Saya ucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya," ucap Ridwan Kamil.

"Saya alokasikan dana 30 miliar untuk pemberian beasiswa buat aktivis mahasiswa," pungkas Kang Emil, panggilan akrab Gubernur Jabar.

Dalam acara ini, Ketua Umum HMI Cabang Bandung dan Ketua Umum Badko HM Jawa Barat juga memberikan sejumlah cenderamata kepada para tokoh alumni HMI Bandung, yaitu:

1. Lukisan Bang Imad
(Alm) Imaduddin Abdulrohim atau Bang Imad adalah seorang ideolog. Dia berkeinginan besar mengembalikan gerak perjuangan kader HMI ke dalam ruh Islam, di tengah budaya sekuler yang melanda mahasiswa di Bandung. Lukisan menggambarkan Sosok Bang Imad, Sang Ideolog, dengan background skesta gedung baru HMI.

2. Lukisan Kang Ferry Mursyidan
Ferry Mursyidan Baldan punya visi menjadikan HMI sebagai organisasi modern. Organisasi mahasiswa yang bisa mandiri, baik manajemen pengelolaan maupun secara finansial. Lukisan menggambarkan sosok Kang Ferry, Pemimpin Modern, dengan background sketsa gedung baru HMI, namun center point lukisan adalah lobby di lt 2 dan co-working space.

3. Lukisan Bang Amri Zaman
Sebagai Ketua Panitia Pembangunan, Bang Amri mencoba mengakomodasi dan meramu berbagai aspirasi kader dan alumni HMI. Lukisan menggambarkan sosok Bang Amri yang tegas namun bijaksana, dengan background gambar utuh Bangunan Masjid dan Wisma Sabang 17

4. Lukisan Kang Berliana
Lukisan menggambarkan sosok Kang Berliana sebagai Ketua Umum YAHMI yang tawadhu dan tegas namun sangat bijak dalam mengambil setiap keputusan.

5. Buku Kumpulan Puisi Lilik Muflihun
Buku Kumpulan Puisi karya Mas Lilik Muflihun ini ditulis sejak 2015 sampai Juli 2020. Puisi-puisi ini dari akun media sosial dan WA-WA grup di mana Mas Lilik biasa memposting "curahan perasaannya" di media sosial tersebut. Kemudian kumpulan puisi ini dibukukan dan dihadirkan di acara ini sebagai bentuk apresiasi dan ucapan terima kasih HMI atas dedikasi Mas Lilik selama memimpin secara teknis pembangunan Masjid dan Graha HMI Bandung

6. Lukisan Umi Cia Malik Zein
Umi Cia adalah Ibunda seluruh aktivis HMI, khususnya HMI Bandung. Dalam sosok Umi Cia, tercermin aktivitas pergerakan dan perjuangan kader HMI. Umi Cia termasuk salah seorang pendiri HMI Cabang Bandung di tahun 1956. Lukisan menggambarkan sejarah HMI dan sosok Umi Cia, yang penuh kasih sayang seorang Ibu, bersebelahan dengan sosok Bang Imad, dengan background gedung lama HMI (di belakang foto bang Imad), dan background gedung baru HMI (di belakang foto Umi Cia).

Acara peresmian ini diakhiri dengan shalat Jumat perdana di Masjid HMI Sabang 17 dengan Khotib Prof Dr KH Miftah Faridl.

Sekadar info, Graha HMI Bandung yang baru diresmikan ini adalah bangunan 4 lantai. Lantai 1 untuk masjid, lantai 2 untuk sekretariat HMI dan ruangan-ruangan kelas untuk perkaderan, serta lantai 3 untuk wahana kreativitas kader HMI. Ada juga lantai basement untuk parkir mobil dan motor.

Renovasi total bangunan di Jalan Sabang 17, Kota Bandung ini karena bangunan lama yang sudah ada sejak 1956 terlihat rapuh dimakan usia. Sejak 3 tahun lalu, alumni HMI Bandung berkomitmen untuk membangun gedung baru, maka jadilah Graha HMI Bandung yang berdiri kokoh dan megah. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.