Kolaborasi Dengan UPZ, IKA Unpad Siap Wujudkan Halal Center Dan Halal Park Di Jabar

Ketua Umum IKA Unpad, Irawati Hermawan/Istimewa

Memastikan kehalalan setiap produk yang dikonsumsi masyarakat jadi salah satu concern dari Ikatan Alumni (IKA) Universitas Padjadjaran (Unpad) di bawah kepemimpinan Ketua Umum Irawati Hermawan. Pemikiran itulah yang kemudian coba diwujudkan melalui pembentukan Halal Center.

Pucuk dicinta, rupanya Unpad sudah punya unit yang relevan atau sejalan dengan rencana pengurus IKA Unpad dengan membentuk Halal Center.

"Rencana awal IKA Unpad membentuk Halal Center adalah untuk mengumpulkan dana wakaf, infak, dan zakat dari para alumni dan mendistribusikannya kepada para alumni dan masyarakat yang membutuhkan," terang Irawati, Kamis (29/10).

"Namun demikian, ternyata Unpad telah memiliki unit mengenai hal ini (Unit Penyaluran Zakat atau UPZ), sehingga saya berpandangan IKA Unpad tidak perlu melakukan 'reinventing the wheel'," sambung Teh Ira, sapaan akrabnya.

Hal ini diketahui Teh Ira usai menggelar webinar pertama IKA Unpada dengan tajuk "Peranan Alumni Unpad Dalam Peningkatan Literasi Wakaf Dan Jaminan Produk Halal Di Masyarakat" pada hari ini, Kamis (29/10).

Dalam seminar tersebut, diketahui pula kalau Halal Center Unpad pernah sukses melaksanakan International Conference on Halal pada 2016.

"Sehubungan dengan hal ini, IKA Unpad akan mengkolaborasikan Halal Center Unpad dan Halal Center IKA Unpad dalam penyelenggaraan International Conference on Halal 2020. Hal ini telah saya laporkan kepada Bu Rektor dan beliau menyetujui usulan di atas," ujar Teh Ira.

Kolaborasi lain yang akan dilakukan adalah menyelenggarakan pelatihan dan penyuluhan Sertifikat Halal dan tata laksana self declare halal bagi para pelaku UMKM. Khususnya UMKM di Jawa Barat.

Ditambahkan Teh Ira, posisi IKA Unpad adalah memberikan dukungan kepada UPZ dalam pengumpulan zakat, infak, dan wakaf. Penyetoran pertama akan dilakukan dalam waktu dekat pada saat peluncuran Halal Center IKA Unpad.

Terkait hal itu, IKA Unpad meminta Kepala Halal Center Unpad, Adang Tsauri, untuk mengusulkan dan mendiskusikan dengan pihak UPZ Unpad mengenai waktu launching yang tepat. Di mana launching Halal Center akan dilakukan berbarengan dengan penandatanganan kerja sama antara Halal Center IKA Unpad dengan Halal Center Unpad dan penyetoran dana zakat pertama.

Tak hanya itu, IKA Unpad juga akan mendorong Pemerintah Daerah dan/atau Pemerintah Provinsi untuk membentuk Halal Park di Jawa Barat. Halal Park ini nantinya fokus kepada sektor-sektor unggulan Jawa Barat yaitu food, fashion, dan cosmetics.

"Center for Public Policy Analysis (IKA Unpad) dimohon untuk melakukan kajian terkait dengan hal ini untuk memberikan pandangan mengenai feasibility dari usulan yang diajukan," lanjutnya.

Tak lupa, Teh Ira pun mengucapkan apresiasi kepada Halal Center Unpad yang membantu terselenggaranya Webinar IKA Unpad pada hari ini. Terlebih pembicara yang ada pun sangat relevan dengan materi yang menarik.

"Terima kasih Akang Teteh para pembicara, pengurus, dan alumni yang telah hadir dan berpartisipasi aktif di acara webinar," tutupnya.
EDITOR: AGUS DWI

Kolom Komentar


Video

Obrolan Bareng Bang Ruslan • Reshuffle Kabinet

Selasa, 13 April 2021
Video

Jendela Usaha • Laris Manis Saat Ramadhan Dengan Olahan Kolang Kaling

Rabu, 14 April 2021
Video

RMOL WORLD VIEW • Apa Kabar Asia Timur?

Rabu, 14 April 2021

Artikel Lainnya

Dapat Bantuan Dari BNPB, Khofifah Minta Korban Terdampak Gempa Malang Divalidasi
Nusantara

Dapat Bantuan Dari BNPB, Kho..

15 April 2021 00:26
Buka Musrenbang, Anies: InsyaAllah Jakarta Maju Kotanya, Bahagia Warganya Tercapai
Nusantara

Buka Musrenbang, Anies: Insy..

14 April 2021 23:41
Jamin Stimulus Listrik Buat Masyrakat, PLN Beri Diskon Token 50 Persen Hingga Juni 2021
Nusantara

Jamin Stimulus Listrik Buat ..

14 April 2021 23:35
Begini Penampakan Posko Penyekatan Pendatang Di Pintu Masuk Kota Bandarlampung
Nusantara

Begini Penampakan Posko Peny..

14 April 2021 23:00
Aktivitas Penambangan PT CNI Di Kolaka Disorot
Nusantara

Aktivitas Penambangan PT CNI..

14 April 2021 22:55
Ke Pantai Kata, Doni Monardo Siram Benteng Alami Gempa Dan Tsunami
Nusantara

Ke Pantai Kata, Doni Monardo..

14 April 2021 21:40
Alat Terbatas, GeNose C-19 Terminal Rajabasa Prioritas Bagi Penumpang Perjalanan Ke Bakauheni
Nusantara

Alat Terbatas, GeNose C-19 T..

14 April 2021 21:28
Awal Puasa, Belum Ada Peningkatan Penumpang Di Terminal Kalideres
Nusantara

Awal Puasa, Belum Ada Pening..

14 April 2021 20:07