Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kolaborasi Dengan UPZ, IKA Unpad Siap Wujudkan Halal Center Dan Halal Park Di Jabar

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Kamis, 29 Oktober 2020, 22:00 WIB
Kolaborasi Dengan UPZ, IKA Unpad Siap Wujudkan Halal Center Dan Halal Park Di Jabar
Ketua Umum IKA Unpad, Irawati Hermawan/Istimewa
rmol news logo Memastikan kehalalan setiap produk yang dikonsumsi masyarakat jadi salah satu concern dari Ikatan Alumni (IKA) Universitas Padjadjaran (Unpad) di bawah kepemimpinan Ketua Umum Irawati Hermawan. Pemikiran itulah yang kemudian coba diwujudkan melalui pembentukan Halal Center.

Pucuk dicinta, rupanya Unpad sudah punya unit yang relevan atau sejalan dengan rencana pengurus IKA Unpad dengan membentuk Halal Center.

"Rencana awal IKA Unpad membentuk Halal Center adalah untuk mengumpulkan dana wakaf, infak, dan zakat dari para alumni dan mendistribusikannya kepada para alumni dan masyarakat yang membutuhkan," terang Irawati, Kamis (29/10).

"Namun demikian, ternyata Unpad telah memiliki unit mengenai hal ini (Unit Penyaluran Zakat atau UPZ), sehingga saya berpandangan IKA Unpad tidak perlu melakukan 'reinventing the wheel'," sambung Teh Ira, sapaan akrabnya.

Hal ini diketahui Teh Ira usai menggelar webinar pertama IKA Unpada dengan tajuk "Peranan Alumni Unpad Dalam Peningkatan Literasi Wakaf Dan Jaminan Produk Halal Di Masyarakat" pada hari ini, Kamis (29/10).

Dalam seminar tersebut, diketahui pula kalau Halal Center Unpad pernah sukses melaksanakan International Conference on Halal pada 2016.

"Sehubungan dengan hal ini, IKA Unpad akan mengkolaborasikan Halal Center Unpad dan Halal Center IKA Unpad dalam penyelenggaraan International Conference on Halal 2020. Hal ini telah saya laporkan kepada Bu Rektor dan beliau menyetujui usulan di atas," ujar Teh Ira.

Kolaborasi lain yang akan dilakukan adalah menyelenggarakan pelatihan dan penyuluhan Sertifikat Halal dan tata laksana self declare halal bagi para pelaku UMKM. Khususnya UMKM di Jawa Barat.

Ditambahkan Teh Ira, posisi IKA Unpad adalah memberikan dukungan kepada UPZ dalam pengumpulan zakat, infak, dan wakaf. Penyetoran pertama akan dilakukan dalam waktu dekat pada saat peluncuran Halal Center IKA Unpad.

Terkait hal itu, IKA Unpad meminta Kepala Halal Center Unpad, Adang Tsauri, untuk mengusulkan dan mendiskusikan dengan pihak UPZ Unpad mengenai waktu launching yang tepat. Di mana launching Halal Center akan dilakukan berbarengan dengan penandatanganan kerja sama antara Halal Center IKA Unpad dengan Halal Center Unpad dan penyetoran dana zakat pertama.

Tak hanya itu, IKA Unpad juga akan mendorong Pemerintah Daerah dan/atau Pemerintah Provinsi untuk membentuk Halal Park di Jawa Barat. Halal Park ini nantinya fokus kepada sektor-sektor unggulan Jawa Barat yaitu food, fashion, dan cosmetics.

"Center for Public Policy Analysis (IKA Unpad) dimohon untuk melakukan kajian terkait dengan hal ini untuk memberikan pandangan mengenai feasibility dari usulan yang diajukan," lanjutnya.

Tak lupa, Teh Ira pun mengucapkan apresiasi kepada Halal Center Unpad yang membantu terselenggaranya Webinar IKA Unpad pada hari ini. Terlebih pembicara yang ada pun sangat relevan dengan materi yang menarik.

"Terima kasih Akang Teteh para pembicara, pengurus, dan alumni yang telah hadir dan berpartisipasi aktif di acara webinar," tutupnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA