Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Masuk THE World University Ranking, Rektor Unpad: Kinerja Akademik Diperhitungkan Di Antara Perguruan Tinggi Dunia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Kamis, 29 Oktober 2020, 11:36 WIB
Masuk THE World University Ranking, Rektor Unpad: Kinerja Akademik Diperhitungkan Di Antara Perguruan Tinggi Dunia
Pemeringkatan THE World University Rankings By Subject 2021/Istimewa
rmol news logo Universitas Padjajaran (Unpad) resmi masuk dalam pemeringkatan Times Higher Education atau THE World University Rankings by Subject 2021, berdasarkan pengumuman yang dirilis pada Rabu (28/10) pukul 9.00 waktu London, Inggris. Ini merupakan kali pertama Unpad masuk dalam pemeringkatan tersebut.

Pemeringkatan THE World University Rankings by Subject menilai secara spesifik bidang keilmuan yang ada di perguruan tinggi. Ada 11 klasterisasi bidang ilmu yang dilakukan penilaian oleh THE WUR by Subject.

Tahun ini, 5 bidang keilmuan di Unpad berhasil masuk ke dalam pemeringkatan. Yaitu Business and Economics (peringkat 601+), Clinical, Pre-clinical, and Health (peringkat 601+), Engineering and Technology (peringkat 801-1000), Life Sciences (peringkat 801+), serta Social Sciences (peringkat 601+).

Rektor Unpad, Profesor Rina Indiastuti mengatakan, pemeringkatan THE World University Rankings by Subject sangat penting untuk menilai apakah suatu perguruan tinggi dapat dikategorikan sebagai salah satu perguruan tinggi terbaik di dunia.

Kelima bidang ilmu yang berhasil masuk pemeringkatan THE World University Rankings by Subject ini juga membuktikan peningkatan kinerja akademik dan kolaborasi dengan pihak internasional.

"Artinya, kelima bidang ilmu di Unpad setelah dinilai menggunakan indikator pemeringkatan THE WUR by Subject dikategorikan sebagai  bidang ilmu yang mampu menunjukkan kinerja akademik relatif baik dan diperhitungkan di antara perguruan tinggi dunia,” papar Prof Rina dalam keterangan resminya, Kamis (29/10), dikutip Kantor Berita RMOLJabar.

Menurut Rektor Unpad, kriteria peningkatan kinerja dalam bidang ilmu tersebut antara lain perbaikan ekosistem dan kualitas pembelajaran, meningkatnya riset dan publikasi, meningkatnya sitasi, meningkatnya keterlibatan dosen, peneliti dan mahasiswa asing di Unpad, serta meningkatnya kolaborasi dengan industri.

"Kesamaan gerak dan sinergi kuat antara pengelola di tingkat universitas dan fakultas dalam mendorong internasionalisasi Unpad merupakan faktor penting,” pungkas Prof Rina. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA