Selamat Idul Fitri
Selamat Idul Fitri Mobile
Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kunjungi Sungai Kalimalang, Ariza Cek Penanganan Antisipasi Banjir Jakarta

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/angga-ulung-tranggana-1'>ANGGA ULUNG TRANGGANA</a>
LAPORAN: ANGGA ULUNG TRANGGANA
  • Kamis, 29 Oktober 2020, 00:56 WIB
Kunjungi Sungai Kalimalang, Ariza Cek Penanganan Antisipasi Banjir Jakarta
Wagub DKI Ariza saat cek ke Kalimalang/RMOLJakarta
rmol news logo Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria (Ariza) meninjau bantaran Sungai Kalimalang yang berlokasi di Jalan D. I. Panjaitan RT001/06, Kebon Pala, Makasar, Jakarta Timur, Selasa (28/10).

Ariza melakukan pemeriksaan titik rawan potensi banjir sebagai antisipasi jika terjadi intensitas hujan yang tinggi.

Ariza mengatakan, dalam upaya penanggulangan banjir, Pemprov DKI sedang berupaya mencari titik-titik sumbatan banjir yang ada di lima wilayah tingkat kota.

Khusus di Kebon Pala, Ariza mengajak seluruh perangkat RT dan RW untuk bersama-sama mencari solusi dalam memperluas volume buangan air di lokasi tersebut.

"Khusus di sini, ternyata memang aliran sungainya tertahan oleh jembatan yang sudah lama sejak zaman Belanda. Jadi itu perlu kita perbaiki. Mungkin jembatan yang harus diganti, ditinggikan sehingga aliran air yang melewati jembatan tersebut bisa lebih besar volumenya. Jika dibiarkan akan menyebabkan genangan mulai dari tiga hingga lima meter, terutama saat banjir pada awal tahun 2020," ujar Ariza, seperti diberitakan Kantor Berita RMOLJakarta.

Ariza menjelaskan bahwa Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta telah mengantisipasi hal tersebut dengan membuat berbagai sodetan sekaligus melakukan pengerukan sungai, waduk dan embung untuk mengalirkan air.

Selain itu, Pemprov juga menyiagakan kembali seluruh pompa yang ada.

Berbagai langkah itu dilakukan tidak hanya saat musim hujan saja, namun juga saat musim kemarau dalam rangka mengendalikan air.

"Termasuk membuat drainase vertikal, sumur resapan dan yang paling penting dari semua adalah dukungan dari seluruh warga Jakarta untuk selalu tidak membuang sampah sembarangan. Ya buanglah sampah pada tempatnya. Kita bersama sama bisa membersihkan lingkungan sekitar dengan melakukan pengerukan, pembersihan di tempat air yang ada seperti selokan, got-got di sekitar rumah," kata Ariza.

Di samping itu Pemprov DKI Jakarta tengah mengupayakan program pelebaran sungai dengan tujuan memperluas volume tampungan air, sehingga warga di sekitar tidak perlu merasa khawatir tergenang air khusunya di Kelurahan Kebon Pala.

"Memang ini sudah menjadi usulan dari warga melalui RW, RT dan kelurahan dalam musrembang, supaya saluran air ini diperbaiki, ditingkatkan supaya lebih luas volumenya dan supaya sungai juga diperluas. Jadi warga sangat menyambut baik program ini. Prinsipnya Pemprov DKI Jakarta akan terus mengupayakan, memastikan tidak ada warga yang terdampak genangan lagi," pungkas Ariza.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA